Kepuasan Konsumen Terhadap Pengalihan Pengembalian Donasi Perspektif Etika Bisnis Islam di Minimarket Indomaret

  • Dian Septiani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Nurfiah Anwar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • A. Syathir Sofyan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Konsumen, Donasi, Bisnis

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen Indomaret Tanete terhadap pengembalian dana dalam bentuk donasi, serta untuk memeriksa kepatuhan Indomaret terhadap etika bisnis Islam dalam pengembalian uang dalam bentuk donasi. Metode campuran digunakan dalam penelitian ini, yang menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif dalam satu studi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer yang tidak puas dengan pengembalian dana dalam bentuk donasi merasa bahwa tindakan Indomaret melanggar prinsip-prinsip syariat Islam karena tidak memberikan informasi yang memadai tentang tempat penyaluran donasi, hanya menganjurkan customer untuk mendonasikan dana tersebut. Karyawan Indomaret belum menerapkan sikap adil dan sikap jujur terhadap konsumennya karena tidak terdapat kejelasan dan tidak transparansi dalam pengalihan kembalian dalam bentuk donasi. Dalam hal penerapan sikap kebebasan konsumen memiliki hak atas menerima dan menolak transaksi dalam bentuk donasi di Indomaret. Begitupun dengan sikap tanggung jawab karyawan Indomaret belum menerapkan sikap bertanggungjawab karena tidak adanya bukti struk dan poster tentang penjelasan penyaluran dana donasi.

References

Daftar Pustaka

Aprianto, I., Andriyansyah, M., Qodri, M., & Hariyanto, M. (2020). Etika & Konsep Manajemen Bisnis Islam. Deepublish.

Budiantoro, R. A., Sasmita, R. N., & Widiastuti, T. (2018). Sistem Ekonomi (Islam) dan Pelarangan Riba dalam Perspektif Historis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 4(1), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v4i1.138

Dewi, R. (2013). Universalisme Islam dan Kosmopolitisme Peradaban. Nurani: Jurnal Kajian Syari’ah Dan Masyarakat, 13(1), 47–67. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.19109/nurani.v13i1.116

Iswandi, A. (2014). Peran Etika Qur’ani Terhadap Sistem Ekonomi Islam. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 6(1), 143–154. https://www.academia.edu/download/45658000/10__andi.pdf

Khoiriyah, F. (2018). Tinjauan Hukum Islam Tentang Implementasi Penyaluran Zakat Dalam Pemberdayaan Umat (Studi Program RPD LSC Lembaga Amil Zakat Daerah Amal Insani [LAZDAI] Provinsi Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Permata, S., & Azmi, I. (2020). Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pusat Kuliner Di Jalan Tondong Kecamatan Sinjai Utara. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 36–44.

Puspita, R. N. (2012). Perbedaan kepuasan pelanggan Indomaret dan Alfamart. Journal Of Social and Industrial Psychology, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/sip/article/view/2699

Rahman, A. (2019). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Usaha Jual Beli Cabai (Studi Kasus Petani Di Kelurahan Alehanuae Kecamatan Sinjai Utara). Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 12–22.

Rivai, V., & Buchari, A. (2009). Islamic economics: ekonomi syariah bukan opsi, tetapi solusi! Bumi Aksara.

Samad, M. (2018). Etika Bisnis Syariah: Berbisnis Sesuai Dengan Moral Islam. Sunrise Book Store.

Sati, L., Santoso, F. P. P., & Wijaya, G. A. (2022). Pengembalian Uang Belanja Konsumen Diganti Permen Pada Saat Transaksi. JISOS: JURNAL ILMU SOSIAL, 1(5), 281–288. https://www.bajangjournal.com/index.php/JISOS/article/view/2719

Syafiq, A. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih: Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 5(1), 96–113. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/faqih.v5i1.54

Wiyanti, D. (2013). Perspektif Hukum Islam terhadap Pasar Modal Syariah Sebagai Alternatif Investasi Bagi Investor. Jurnal Hukum Ius Quia Iustum, 20(2), 234–254. https://doi.org/https://doi.org/10.20885/iustum.vol20.iss2.art4

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media.

Zubair, M. K. (2010). Signifikansi Modifikasi Akad dalam Transaksi Muamalah. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 1(2), 245–257. https://doi.org/https://doi.org/10.18326/muqtasid.v1i2.245-257

Zubair, M. K., & Hamid, A. (2016). Eksistensi Akad dalam Transaksi Keuangan Syariah. Diktum: Jurnal Syariah Dan Hukum, 14(1), 44–54. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/diktum.v14i1.222

Published
2023-05-31