Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Belanja Busana Muslimah Secara Online Selama Pandemi Covid-19 di Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, psikologis, religiuisitas dan perceived covid risk terhadap keputusan belanja busana muslimah secara online selama pandemic Covid-19 di Kelurahan Caile Kabupaten Bulukumba. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen muslim yang pernah melakukan belanja busana muslimah secara online selama pandemic Covid-19 khususnya konsumen wanita di Kelurahan Caile. Teknik yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data berupa penyebaran kuesioner pada 200 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan factor produk, harga, psikologis, religiusitas dan perceived covid risk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian online. Secara parsial factor produk, psikologis dan perceived covid risk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan belanja busana muslimah secara online selama pandemic covid-19. Sedangkan variabel harga dan religiuistas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan belanja busana muslimah secara online. nilai koefisien determinasi ialah sebesar 41.5% hasil ini mengindikasikan bahwa kemampuan menjelaskan variabel independen (produk, harga, psikologis, religiuistas dan perceived covid risk) terhadap variabel dependen (keputusan pembelian) sebesar 41.5%.
References
Daftar Pustaka
Buku :
Departemen Agama, R. (2017). Al Quran dan Terjemahan.
Swastha, & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Cet. ke-7, Yogyakarta:Liberty.
Jurnal dengan DOI:
Aji, H. M., Berakon, I., & Md Husin, M. (2020). COVID-19 and e-wallet usage intention: A multigroup analysis between Indonesia and Malaysia. Cogent Business and Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2020.1804181
Departemen Agama, R. (2017). Al Quran dan Terjemahan. In Departemen Agama RI.
Islam, E., Timur, J., Kosnia, T. E., & Canggih, C. (2022). Adz Dzahab MEMILIH BANK SYARIAH ( STUDI PADA MAHASISWA Adz Dzahab. 7(2), 145–159.
katadata.co.id. (2020). Katadata.co.id. repositori.uin-alauddin.ac.id
LEKSI. (2020). Lembaga Ekonomi Keuangan Syariah.
Liong, H., & Angraeni, I. (2021). YUME : Journal of Management Perilaku Konsumen Selama New Normal pada Fashion Busana Muslim Rumah Jahit Akhwat Makassar. YUME: Journal of Management, 4(2), 543–549. https://doi.org/10.37531/yume.vxix.443
Mulyana, S. R. I. (2021). Pengaruh Harga dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195.
Nada Alfiyyah, R., Suryani, S., & Nugraheni, S. (2021). Pengaruh Citra Perusahaan, Harga, Dan Promosi Terhadap Minat Menggunakan Hasanah Card Bank Bni Syariah Depok. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(2), 125–140. https://doi.org/10.47435/adz-dzahab.v6i2.646
Nurmadinah. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Konsumen Fashion Online di Kota Makassar). In Gowa: UIN ALauddin Makassar: Vol. Gowa.
Nurrokhim, A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Online Customer Review, dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. In Salatiga: IAIN Salatiga.
Pratama Afrianto, A., & Irwansyah, I. (2021). Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 10–29. https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.181
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemic Covid 19. Ecopreneur : Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21–34. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/ecopreneur/article/view/130
Swastha, & Irawan. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. In Liberty. https://pusdatin.kemkes.go.id/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/PROFIL_KESEHATAN_2018_1.pdf
Widyarini, A. F. A. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan beli busana muslimah melalui online. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 13(1), 1–23.
Dokumen dari Internet:
katadata.co.id. (2020). Fesyen Jadi Produk Halal Paling Laku di E-Commerce pada 2020” | Databoks (katadata.co.id) (Diakses pada 11 September 2021)
LEKSI. (2020). Lembaga Ekonomi Keuangan Syariah.
Laporan Perekonomian Provinsi Sulawesi Selatan Februari 2021.pdf (bi.go.id) (diakses pada 30 November 2021)