Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Masa Pandemic Covid-19 di SD Inpres Balaroa Kota Palu

  • Naima Naima UIN Datokarama Palu
  • Andi Anirah UIN Datokarama Palu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemic covid-19 di SD Inpres Balaroa Kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilaksanakan di SD Inpres Balaroa dengan pendekatan fenomenologis   yang menggambarkan realitas sesuai dengan fenomena di lapangan serta menggunakan landasan filosofis interdisipliner, yaitu pendekatan pedagogis, sosiologis dan psikologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan Teknik trianggulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru PAI pada masa pandemi covid 19 yakni membuat modul pembelajaran PAI, membuat video pembelajaran PAI kemudian dibagikan kepada peserta didik untuk dipelajari, membuat sentra-sentra belajar, dan menggunakan metode blanded learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2013). Penyusunan Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalamMengajar). Yogyakarta: Gava Media.

Dissriany, M., Banggur, V., & Situmorang, R. (n.d.) (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152– 165

Dewi, W.A.F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1).

Hayani, Ratu Amalia, dan Wardatul Ilmiah. (2020). Inovasi Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19: Kontekstualisasi Materi Pendidikan Agama Islam. Prosiding Seminar Nasional pendidikan FKIP 3 (1).

Jaelani, Ahmad, Hamdan Fauzi, dan dkk. (2020). Penggunaan Media Online dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar PAI Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal IKA Vol 8 (No 1).

Lexi J. Moleong, (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya).

Matthew B. Miles, A. M. Hubarman, Johanny Saldana.(2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (Ed. III; Newbury Park, CA: Sage,).

Masruroh Lubis, Dairina Yusri, dan Media Gusman, (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning (Studi Inovasi Pendidik MTS. PAI Medan di Tengah Wabah Covid-19.” Fitrah: Journal of Islamic Education 1 (1).

Purwitha, D. G. (2020). Model Pembelajaran Flipped Calssroom sebagai Pembelajaran Inovatif Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 49–55.

Rahayu, G. D. S., & Firmansyah, D. (2019). Pengembangan Pembelajaran Inovatif Berbasis Pendampingan Bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 11, 17. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/as.v1i1p17 25.36

Rusdiana. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Suhartono. (2017). Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning Di Sekolah Dasar Suhartono BLENDED LEARNING APPROACH INITIATING APPLICATION Instructional media such as books , globes , and other students are learning in Menggagas Penerapan Pendekatan Blended Learning Di

Published
2022-05-20
How to Cite
Naima, N., & Andi Anirah. (2022). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Masa Pandemic Covid-19 di SD Inpres Balaroa Kota Palu. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 110-118. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.832