Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Harga Diri
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) meningkatkan hasil belajar siswa materi harga diri melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III SDN Matabaho. 2) meningkatkan aktivitas mengajar guru pada materi harga diri melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III SDN Matabaho. 3) meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi harga diri melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas III SDN Matabaho. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes siklus I adalah 62,5 dan nilai rata-rata hasil tes siklus II adalah 78. Persentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada siklus I 66,67% menjadi 86,67% pada siklus II. Persentase aktivitas mengajar guru siklus I pertemuan 1 (satu) sebesar 66,67% dan pertemuan 2 (dua) sebesar 73,33%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 100%. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 (satu) sebesar 60% dan pertemuan 2 (dua) sebesar 73,33%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 100%. Disimpulkan bahwa hasil belajar PKn materi harga diri pada siswa kelas III SD Negeri Matabaho dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran CTL.
Downloads
References
Hadiyanta, N. (2013). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar PKn. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 43(1).
Hamalik, O. (2003). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem.
Magdalena, I., Fatmawati, F., & Luthfiyah, J. (2020). Strategi Guru dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa Kelas 3 di SD Negeri Tangerang 5. EDISI, 2(1), 151–168.
Nana Sudjana. (1990). Teori-teori belajar untuk pengajaran / Nana Sudjana | OPAC Perpustakaan Nasional RI. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=225944
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Setyawati, N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Student Teams Achievment (stad), Numbered Head Together (nht) Dan Talking Stick Pada Siswa Kelas Iii Sdn Jawa Laut 2 Martapura.
Sudirman, N. (n.d.). dkk. 2002. Ilmu Pendidikan. Cetakan VIII. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suparno, P. (2008). Action Riset: Riset Tindakan Utk Pend. Grasindo.
Copyright (c) 2022 Rusmin Lisnawati, Marnia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.