Penggunaan JQuiz Pada Aplikasi Hot Potatoes Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris Pelajar Pemula Di Desa Kompang Kecamatan Sinjai Tengah
Abstract
Evaluasi Pembelajaran adalah salah satu proses untuk menentukan tingkat pencapaian dari suatu pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur perkembangan pelajar pemula. Salah satu cara untuk mengevaluasi Pelajar Pemula dengan memanfaatkan JQuiz yang ada pada aplikasi Hot Potatoes. Aplikasi ini dibuat khusus untuk membuat soal-soal evaluasi pembelajaran. Salah satu bagian dari aplikasi Hot Potatoes adalah JQuiz yang bentuk soalnya terdiri dari pilihan ganda, short answer, Hybrid dan Multi-Select. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk penggunaan JQuiz pada aplikasi Hot Potatoes sebagai media evaluasi pembelajaran Bahasa Inggris Pelajar Pemula serta untuk mengetahui perspektif Pelajar Pemula terhadap media evaluasi pembelajaran yang digunakan di Desa Kompang Kecamatan Sinjai Tengah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (verification). Adapaun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelajar pemula menganggap dengan adanya JQuiz ini memberikan perspektif baru dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Selain itu, penggunaan aplikasi ini memberikan kemudahan dan antusiasme yang tinggi dikalangan pelajar pemula dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran.
Downloads
References
Anwar, K. (2021). Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1), 108–118. https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4183
Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu Stkip Agama Hindu Amlapura, 11(2), 13–25.
Basri, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar (SD) Berbasis Pendidikan Karakter dan Multikultural. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 249. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12593
Hilma Safitri, Ismi Adinda, Nikomang Ariani, A. A. Z. (2021). Pengenalan Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini di. Almufi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat ( AJPKM ), 1(1), 27–33.
Nina Puspitaloka; Lia Meidina Budiana. (2018). Pelatihan aplikasi hot potatoes sebagai bahan ajar berbasis ict guna meningkatkan profesionalisme guru sdit telukjambe timur dan sekolah islam at-taubah karawang. J-ADIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 6(2), 79–83.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistika Penelitian (I). Gramasurya. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf
Riadi, A. (2017). Problematika Sistem Evaluasi Pembelajaran. Ittihad: Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 15(27), 1–12. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/ittihad/article/view/1593
Syamsinar, S., Marliana, R., Taqlidul, A., Mas’ ud, B., & Selvianah, S. (2020). Pengabdian Pelatihan Media Pembelajaran Hot Potatoes Bagi Guru Di Madrasah Aliyah Ddi Ihyaul Ulum Baruga Majene. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 117–124.
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.
Copyright (c) 2022 Khaerunnisa Khaerunnisa, Harmilawati, Yunitasari, Andi Batari Muyassara, Atmaranie Dewi Purnama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.