Pola Rumah Moderasi Beragama Pada Pendidikan Guru Sekolah Minggu Buddha Terhadap Pandemi Covid-19 Lampung
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah lemahnya pola rumah moderasi bergama oleh guru sekolah Minggu dari dampak Covid-19. Jenis penelitiannya kualitatif deskriptif dengan enam informan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, obeservasi serta dengan instrumen, berupa pedoman wawancara, observasi serta dukumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan model Miles dan Hubermen yang terdiri dari empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil temuan dari masalah yang diteliti dalam konteknya yaitu; faktor-faktor kelengkapan rumah moderasi beragama, kendala program kerja rumah moderasi, respon kesesuaian antara program kerja terhadap dampak Covid-19 dengan moderasi beragama
Downloads
References
Danial, D., Nurjannah, N., & Mirna, M. (2019). Evaluation of The Learning Program of Mathematics Study Program at Islamic Institute Of Muhammadiyah Sinjai. Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 65. https://doi.org/10.33477/mp.v7i1.1046.
Endan Suwandana (2020). Inovation Of Training Disigen To Increse Writing Skill Of Scientifi Articles For Particuler Functional Civil Servants Through The”Rever Thinking” Method. Jurnal Pajar (penddikan dan Pengajaran) Volume 4 Nomor 4 Juli 2020/ISSN Cetak:2580-8435/ISSN Online: 2614-1337 DOI: http//dx.doi.org/10.33578/pir.vol412.7947.
Satyaningrum Arifah Prima (2021) Persepsi Guru dampak Pandemi Covid-19 tehadap Pelakasanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Volume 5 Issue1(2021) Pages 633-640. Jurnal Obsesi: Jurnal Penddikan Anak Usia Dini. Universitas Yogyakarta. ISSN 2549-8959 (Online) 2356-1327). DOI. 10.31004/obsesi.v51.374
Sugiyono. (2014). Metode Pnelitian pendidikan, Pendekatan Kualitatif, kuantitatif dan R & D (Cet.
XIX.). Alfabeta.
Santi (2015) Upaya penerapan saraniaya dalam mengembangkan kecerdasan. Jurnal Sati Sampajana. Nomor.004/JK/2015 ISSN 2086-8391
Syarifuddin, S., Danial, D., & Jamaluddin, J. (2019). Efektivitas Model Learning Cycle dalam Pembelajaran Matematika Materi Teorema Pythagoras Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Salomekko Kabupaten Bone. PROSIDING Seminar Nasional FKIP Universitas Muslim Maros, 1, 236–243.
Fitriani, F., (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. JTMT: Journal Tadris Matematika, 01(01), 25–30. http://journal.iaimsinjai.ac.id/index.php/Jtm/article/view/393
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, (2002). https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_18_th_2002.pdf.
Muamanah. (2020).Kemampuan Mengembangkan Moderasi Terhadap Kualitas Budaya Nusantara 90-80. Artikel intrnet STABN.
Hawa, A. M. (2014). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal PISA Bertipe PISA. Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan Tahun 2014, 890–900. https://conf.unnes.ac.id/index.php/snep/II/paper/viewFile/269/163.
Hadi Wardoyo (2020) kerugian Ekonomi Nasional Akibat pandemi Covid-19 Baskura Jurnal of Bisnis. 83-92 Https/doi.org/10/24853/baskara2.2.88-93.
Tetep (2017). Mengali Nilai-nilai Karakter sosial dalam Menguhkan Jati Diri Ke Bhinneka-an Bangsa Indonesia. Prosiding ISSN 2598-5973 Universitas Yogyakarta Konprensi Nasional Kewarganegraa,
Warsilam, (2015) Peranan infrastruktur terhadap ekonomi di Kota Samarinda. Mimbar. Vol.31 No 2 (Desember, 2015), 359-366.
Zasriat dan Wahyuni (2020) Analisis Tingkat Pertumbuhan. Jurnal Akrab Juara. Vol.5 No 1 Edisi Februari 2020.
Copyright (c) 2022 Damana I Ketut

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.