Efektivitas Penerapan Media Alat Peraga Papan Statistika terhadap Pembelajaran Matematika

  • Danial Danial Universitas Negeri Makassar
  • Nur Azmy Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Jamaluddin Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Syarifuddin Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai
  • Fitriani Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media alat peraga papan statistika terhadap pembelajaran Matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperiment dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Pondok Pesantren Darul Ihsan Salohe, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai  yang  diperoleh  (Pre  Test)  dengan  rata  rata  nilai  (Mean)  66,14  dan  standard  deviasi  9,907. Sedangkan untuk nilai (Post Test) pembelajaran dengan bantuan alat peraga papan statistika diperoleh skor dengan rata-rata nilai (Mean) 72,57 dan standard deviasi 2,992.   Dan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji paired sampel T Test diperoleh Nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari      (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media alat peraga papan statistika efektif terhadap pembelajaran matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fauji, Fani, Suesthi Rahayuningsih, and U. N. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Menggunakan Alat Peraga Pantik Pada Materi Statistika Kelas VIII Di Mts Asy-Syafiiyah. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.

Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 1(80), 1338–1347.

Ismail, Fitriani, Takdir, Sudirman, P., & Umar. (2020). Blog-based mathematics learning devices.

Journal of Physics: Conference Series, 1517(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1517/1/012094

Kharisma L.H, Fitriana I.M, Aisyah S.D, Checylya K.D, A. M. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi pada Materi Geometri Transformasi : Tahap Expert Review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 155–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12047

Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232

Nasution, K. (2016). Kepemimpinan Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai. Jurnal

Darul ’Ilmi, 04(01), 116–128.

Nurul Hidayah, Danial, T. (2021). Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Program Studi Tadris Matematika IAIM Sinjai. JTMT : Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 31–39. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i2.728

Sukayati, & Suharjana, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta, 94.

Telaumbanua, Y. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH DASAR POKOK BAHASAN PECAHAN. Warta Dharmawangsa : Journal of Dharmawangsa University, 14(4), 709–722. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900

Published
2022-05-19
How to Cite
Danial, D., Nur Azmy, Jamaluddin, Syarifuddin, & Fitriani. (2022). Efektivitas Penerapan Media Alat Peraga Papan Statistika terhadap Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1, 15-19. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.825