Efektivitas Penerapan Media Alat Peraga Papan Statistika terhadap Pembelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan media alat peraga papan statistika terhadap pembelajaran Matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperiment dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Pondok Pesantren Darul Ihsan Salohe, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah sampling jenuh. Adapun metode pengumpulan data yaitu dengan tes. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh (Pre Test) dengan rata rata nilai (Mean) 66,14 dan standard deviasi 9,907. Sedangkan untuk nilai (Post Test) pembelajaran dengan bantuan alat peraga papan statistika diperoleh skor dengan rata-rata nilai (Mean) 72,57 dan standard deviasi 2,992. Dan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menggunakan uji paired sampel T Test diperoleh Nilai Sig. (2-tailed) 0,000. Nilai signifikansi yang diperoleh tersebut lebih kecil dari (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media alat peraga papan statistika efektif terhadap pembelajaran matematika
Downloads
References
Fauji, Fani, Suesthi Rahayuningsih, and U. N. I. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Menggunakan Alat Peraga Pantik Pada Materi Statistika Kelas VIII Di Mts Asy-Syafiiyah. Bachelor thesis, Universitas Islam Majapahit.
Hakim, A. R., Fadilah, I., & Oktaviana, R. (2021). Pengembangan Alat Peraga Jam Sudut Untuk Pembelajaran Matematika Pada Materi Sudut Di Kelas IV Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian 2021, 1(80), 1338–1347.
Ismail, Fitriani, Takdir, Sudirman, P., & Umar. (2020). Blog-based mathematics learning devices.
Journal of Physics: Conference Series, 1517(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1517/1/012094
Kharisma L.H, Fitriana I.M, Aisyah S.D, Checylya K.D, A. M. . (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi pada Materi Geometri Transformasi : Tahap Expert Review. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 155–178. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12047
Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v3i2.232
Nasution, K. (2016). Kepemimpinan Guru Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pai. Jurnal
Darul ’Ilmi, 04(01), 116–128.
Nurul Hidayah, Danial, T. (2021). Diagnostik Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Program Studi Tadris Matematika IAIM Sinjai. JTMT : Jurnal Tadris Matematika, 2(2), 31–39. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i2.728
Sukayati, & Suharjana, A. (2009). Pemanfaatan Alat Peraga Matematika Dalam Pembelajaran Di SD.
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika Yogyakarta, 94.
Telaumbanua, Y. (2020). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SEKOLAH DASAR POKOK BAHASAN PECAHAN. Warta Dharmawangsa : Journal of Dharmawangsa University, 14(4), 709–722. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.900
Copyright (c) 2022 Danial Danial, Nur Azmy, Jamaluddin, Syarifuddin, Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.