Strategi Pemanfaatan Deep Learning Untuk Meningkatkan Akses Pendidikan Digital di Kabupaten Enrekang

  • Rahmat Universitas Negeri Makassar
  • Ismail Tolla Universitas Negeri Makassar
  • Mustafa Universitas Negeri Makassar
Keywords: Deep Learning, Pendidikan Digital, Akses Pendidikan, Strategi Implementasi, Kabupaten Enrekang

Abstract

Kesenjangan akses terhadap pendidikan digital di daerah dengan keterbatasan infrastruktur, sepertiKabupaten Enrekang, menjadi hambatan serius dalam pemerataan kualitas pendidikan nasional.Rendahnya ketersediaan jaringan internet, perangkat digital, serta minimnya kompetensi guru dalammemanfaatkan teknologi menjadi alasan pentingnya penelitian ini dilakukan. Tujuan dari penelitian iniadalah untuk merumuskan strategi pemanfaatan teknologi deep learning yang dapat diterapkan secararealistis dan bertahap guna meningkatkan akses pendidikan digital di wilayah tertinggal. Penelitian inijuga bermanfaat dalam memberikan rekomendasi bagi pemerintah daerah dan pemangku kepentinganpendidikan dalam merancang kebijakan serta pelatihan berbasis kebutuhan lokal. Dengan menggunakanpendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasipartisipatif, dan dokumentasi terhadap guru, siswa, kepala sekolah, serta pejabat dinas pendidikan. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa keterbatasan teknis masih menjadi kendala utama, namun terdapatantusiasme tinggi dari guru dan siswa terhadap pembelajaran digital, serta munculnya beberapa inisiatiflokal yang potensial untuk dikembangkan. Guru menunjukkan kesiapan untuk belajar dan mencoba,sementara siswa merespons positif terhadap materi pembelajaran yang berbasis teknologi. Strategipenerapan deep learning yang direkomendasikan dalam penelitian ini meliputi tahapan peningkatanliterasi digital, pengembangan konten adaptif berbasis kebutuhan, dan kolaborasi dengan mitra teknologi, sehingga dapat memperluas akses dan kualitas pembelajaran secara inklusif di Kabupaten
Enrekang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

bbbb
Published
2025-11-12
How to Cite
Rahmat, Ismail Tolla, & Mustafa. (2025). Strategi Pemanfaatan Deep Learning Untuk Meningkatkan Akses Pendidikan Digital di Kabupaten Enrekang. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 4, 12-19. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v4i0.4114