Asesmen pada Soal Close-Ended, Open-Middle, dan Open-Ended dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Penilaian pembelajaran matematika membutuhkan pendekatan yang tepat agar mampu menggambarkan kemampuan siswa secara menyeluruh. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji strategi asesmen berdasarkan jenis soal close-ended, open-middle, dan open-ended dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur (literature review) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data berupa artikel jurnal nasional dan internasional, buku, serta dokumen relevan lainnya. Hasil kajian menunjukkan bahwa setiap jenis soal memiliki karakteristik asesmen yang berbeda. Soal close-ended umumnya dinilai dengan jawaban benar atau salah secara objektif, soal open-middle dinilai berdasarkan proses penyelesaian dan strategi yang digunakan, sedangkan soal open-ended memerlukan rubrik penilaian untuk menilai berbagai kemungkinan jawaban dan penalaran siswa. Ketiga jenis soal ini, bisa didesain dan diakses secara tepat, dapat saling melengkapi dalam mengukur kemampuan matematis siswa secara komprehensif. Temuan ini memberikan referensi praktis bagi guru dalam merancang asesmen yang lebih bermakna dan sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika.
Downloads
References
Aini, W. N. (2022). Pembentukan Sikap Nasionalisme Peserta Didik Melalui Pembelajaran Sejarah Perhimpunan Indonesia. JEJAK: Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 2(2), 85–99.
Anderha, R. R., Maskar, S., & Indonesia, U. T. (2021). Pengaruh kemampuan numerasi dalam menyelesaikan masalah matematika terhadap prestasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10.
Ansya, Y. A., Alfianita, A., Syahkira, H. P., & Syahrial, S. (2024). Peran Evaluasi Pembelajaran pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Indiktika: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 6(2), 173–184.
Arta, G. Y. (2024). Asesmen dalam Pendidikan: Konsep, Pendekatan, Prinsip, Jenis, dan Fungsi. Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(3), 170–190.
Azizah, N. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI SOAL OPEN ENDED MATEMATIKA MATERI DIAGRAM DI KELAS IV SDN BOJA 02 [PhD Thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang]. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/35338
Dewi, N. R. (2013). Peningkatan kemampuan koneksi matematis mahasiswa melalui brain-based learning berbantuan web. Makalah Pendamping: Pendidikan Matematika, 4(1). http://math.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/Ruang-4.pdf
Dewi, Y. R., Parwati, N. N., & Sudarma, I. K. (2024). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH DAN JENIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 14(1), 80–92.
Edelen, D., & Bush, S. B. (2018). A Cross-Cultural Approach for Communication in the Mathematics Classroom and Beyond.
Fukuyama, M. (2016). Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society. 4.
HUTAGALUNG, T. B. (2022). Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII SMP Free Methodist 1 Medan TA 2021/2022. https://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5952
Lestari, W., Selvia, F., & Layliyyah, R. (2019). Pendekatan open-ended terhadap kemampuan metakognitif siswa. At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 5(2), 184–197.
Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., & Triwidayati, K. R. (2020). Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. PT Kanisius. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=BCoKEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=Oleh+karena+itu,+pembelajaran+matematika+di+era+perkembangan+seperti+sekarang+ini++harus+didesain+sedemikian+rupa+agar+mampu+menumbuhkan+dan+mengembangkan+kemampuan+berpikir+tingkat+tinggi+(Higher+Order+Thinking+Skills/HOTS)+pada+peserta+didik.&ots=XKKEa-sBBo&sig=C5_oFcl0AZo_zr0OpG5RyId18S0
Lius, D. (2020). PENGEMBANGAN SOAL-SOAL OPEN ENDED BERBASIS KEARIFAN LOKAL. 1.
Maryam, S. (2016). Representasi siswa smp dalam menyelesaikan soal open-ended ditinjau dari kemampuan matematika. MATHEdunesa, 5(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/16670
Mytra, P., Wardawaty, A., & Kusnadi, R. (2021). Society 5.0 in Education: Higher Order Thinking Skills. BIS-HSS 2020: Proceedings of the 2nd Borobudur International Symposium on Humanities and Social Sciences, BIS-HSS 2020, 18 November 2020, Magelang, Central Java, Indonesia, 242.
Nabila, J. N., Hendrastuti, Z. R., & Chasanah, A. N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Dalam Penyelesaian Soal Open Ended Ditinjau Dari Gaya Berpikir Siswa. Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP), 5(1), 1–10.
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016a). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan pendekatan open ended. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 58–64. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21427
Prihartini, E., Lestari, P., & Saputri, S. A. (2016b). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended.
Purwaningrum, T. S., & Faradillah, A. (2020). Sikap siswa terhadap penggunaan teknologi dalam pembelajaran matematika ditinjau berdasarkan kemampuan. Jurnal Cendekia, 4(2), 1044–1054.
Rachmadanty, A. (2016). Kebijakan Politik Asosiasi Pendidikan Kolonial Terhadap Umat Islam Tahun 1890-1930 [B.S. thesis]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/33683
Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan matematika realistik: Pendekatan alternatif dalam pembelajaran matematika. Citapustaka Media. http://repo.uinsyahada.ac.id/952/
Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 23–33.
Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2017). Assesment Pembelajaran Matematika. Malang: Yayasan Edelweis, 351–360.
Sibuea, A. R., & Sukma, E. (2021). Analisis langkah-langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar menurut para ahli. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2344–2358.
Thang, N. V., Phuc, N. H., Trong, D. V., Kiet, L. H., & Hiep, T. X. (2024). Another Perspective in the Education of Netherlands in Indonesia During Colonial Period (1799—1942). Journal of Educational and Social Research, 14(4), 413. https://doi.org/10.36941/jesr-2024-0112
Tiwery, B. (2021). Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran HOTS: Higher Order Thinking Skills. Media Nusa Creative (MNC Publishing). https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=fwZMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=Oleh+karena+itu,+pembelajaran+matematika+di+era+perkembangan+seperti+sekarang+ini++harus+didesain+sedemikian+rupa+agar+mampu+menumbuhkan+dan+mengembangkan+kemampuan+berpikir+tingkat+tinggi+(Higher+Order+Thinking+Skills/HOTS)+pada+peserta+didik.&ots=AW75aSaCBX&sig=ccxteGql6uCtqDatRvo2v59-yY4
Tosepu, Y. A. (2018). Arah perkembangan pendidikan tinggi Indonesia. Jakad Media Publishing. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=iFnYDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA45&dq=perkembangan+pendidikan+di+indonesia&ots=saFCuHHQ1Y&sig=Dkev84CtuWS87GLQXqg1It_h-iY
Yuniarti, Y. (2021). PENGEMBANGAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) SERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN. IndraTech, 2(1), 70–77.
Copyright (c) 2025 M. Sadly Yusuf, Husnul Khatimah, Fitri Wahyuni, A. Dian Anita Sari, Adhe Qurnia Amir, Prima Mytra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

11.png)
11.png)
11.png)
2.png)
