Respon Siswa SMA terhadap Challenge Based Learning Berbasis Karakter

  • Besse Harnanengsi Har Universitas Negeri Makassar
  • Syaharuddin Syaharuddin SMA Negeri 11 Wajo
  • Irfan Jaya SMA Negeri 11 Wajo
Keywords: Challenge Based Learning, karakter, respon siswa, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran Challenge Based Learning (CBL) berbasis karakter dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada siswa SMA kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap CBL berbasis karakter dalam matematika secara keseluruhan positif. Siswa menunjukkan antusiasme dan motivasi belajar yang tinggi saat mengikuti pembelajaran dengan model ini. Mereka juga menunjukkan peningkatan dalam hal kerjasama, komunikasi, dan karakter seperti tanggung jawab, disiplin, dan pantang menyerah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa CBL berbasis karakter merupakan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan respon dan hasil belajar matematika siswa. Model ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan karakter dan keterampilan abad ke-21 yang mereka perlukan untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan sukses.
Kata kunci: Challenge Based Learning, karakter, respon siswa, matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, D., Prasetyo, K. H., & Astutiningtyas, E. L. (2021). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Mata Pelajaran Matematika. Absis: Mathematics Education Journal, 2(1), 24. https://doi.org/10.32585/absis.v2i1.830

Chamidah, D., Wijaya, U., Surabaya, K., Siregar, R. S., Indonesia, U. P., Nugroho, A., Dahlan, U. A., Nugroho, A., & Saputro, C. (2021). Metodologi Penelitian Pendidikan (Issue September).

Cholisoh, E. (2021). Penerapan Media Komik Sains untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Gejala Pemanasan Global di SMA Negeri 10 Bandung. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(1), 36. https://doi.org/10.33394/jtp.v6i1.3603

Darling-Hammond, L., & Richardson, N. (2009). High-Quality Professional Development: A New Definition. 66(5), 46–53.

Fullan, M., & Langworthy, M. (2013). New pedagogies for Deep Learning Project. Towards a New End: New Pedagogies for Deep Learning, June, 37. www.newpedagogies.org

Harris, J. H. (1930). Character education in pontiac schools. Religious Education, 25(3), 228–229. https://doi.org/10.1080/0034408300250308

Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2017). Model Pembelajaran Ricosre yang Berpotensi Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 676–685. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/9180/4435

Portuguez Castro, M., & Gómez Zermeño, M. G. (2020). Challenge based learning: Innovative pedagogy for sustainability through e-learning in higher education. Sustainability (Switzerland), 12(10). https://doi.org/10.3390/SU12104063

Postholm, M. B. (2016). Experienced Teachers Reflecting on Challenging Situations in School. Creative Education, 07(09), 1314–1327. https://doi.org/10.4236/ce.2016.79136

Published
2024-10-14
How to Cite
Har, B. H., Syaharuddin, S., & Jaya, I. (2024). Respon Siswa SMA terhadap Challenge Based Learning Berbasis Karakter. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 54-57. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3836