Peran Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran di Era Digital
Abstract
Perkembangan teknologi di dunia pendidikan saat ini semakin pesat, hal ini didukung dengan teknologi canggih yang dapat mendukung proses pembelajaran di era digital, salah satu dari perkembangan teknologi itu adalah kecerdasan buatan atau Artifical Inteligence (AI). Perkembangan artificial intelegent (AI) telah mengalami pertumbuhan pesat dalam waktu singkat. Satu di antaranya adalah pemanfaatan ChatGPT dalam konteks pendidikan berbasis teknologi 4.0. Penggunaan teknologi AI seperti ChatGPT membantu meningkatkan keterampilan mengajar, pengembangan profesional, serta memberikan dukungan dalam penilaian dan manajemen pembelajaran baik bagi mahasiswa maupun bagi guru. Pada era digital, kecerdasan buatan (AI) memiliki peran penting dalam meningkatkan pembelajaran. Melalui pengunaan teknologi AI, proses pembelajaran lebih mudah dilaksanakan. Adapun pendekatan penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yakni lembar observasi, pedoman wawancara, dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles and Huberman, yakni koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan buatan dalam pembelajaran di era digital memiliki peran yang signifikan khususnya untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah semester IV.
Downloads
References
Akmaluddin, M., & Dewayanto, T. (2023). Systematic literature review: Implementasi artificial intelligence dan machine learning pada bidang akuntansi manajemen. Diponegoro Journal of Accounting, 12(4), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Arya, I., & Zakariyya, A. (n.d.). Manfaat kecerdasan buatan untuk pendidikan. Jurnal Pendidikan, 2(1).
Cayayuk, A., & Sagala, D. (2023). Penerapan metode MOORA dalam penentuan program MBKM terbaik bagi mahasiswa semester 5. Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis, 7(2), 1378–1382.
Liriwati, F. Y. (2023). Transformasi kurikulum: Kecerdasan buatan untuk membangun pendidikan yang relevan di masa depan. Jurnal Pendidikan Masa Depan, 1, 62–71.
Martinelli, I., Sugiawan, F. A., & Zulianty, R. (2023). Perlindungan hak privasi dalam era digital: Harmonisasi Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik dengan prinsip-prinsip filosofi hukum Roscoe Pound dalam hukum perikatan. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi dan Arsitektur, 1(2), 412–421. https://doi.org/10.57235/motekar.v1i2.1306
Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif (Sistematika penelitian kualitatif). Yogyakarta Press. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx
Putri, V. A., Carissa, K., Sotyawardani, A., & Rafael, R. A. (2023). Peran artificial intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 615–630.
Rifky, S. (2024). Dampak penggunaan artificial intelligence bagi pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan Tinggi, 2(1), 37–42.
Suharmawan, W. (2023). Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158–166. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1248
Copyright (c) 2024 Irma Rusman, Nurmala, Nurasti, Rahmadania, Wahyuni, Laeli Qadrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.