Pemanfaatan Artificial Intelligence sebagai Media Pembelajaran Digital
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan kecerdasan buatan sebagai mediapembelajaran digital pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 111 Lembang Gogoso. Penelitian initermasuk penelitian fenomenologi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu, guru kelas II,IV, V dan 3 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasidan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data danpenarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam pembelajaran IPAS,SDN 111 Lembang Gogoso memanfaatkan Artificial inteligens berbasis aplikasi canva, google form,dan kahoot sebagai media pembelajaran digital. Canva dinilai sebagai salah satu media yang dapatmendukung proses pembelajaran secara visual dan audio visual. Google form efektif dalammengevaluasi hasil belajar peserta didik. Kahoot dimanfaatkan untuk membuat kuis online gunameningkatkan minat belajar peserta didik.
Downloads
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Alifah, H. N., Virgianti, U., Sarin, M. I. Z., Hasan, D. A., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2023). Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa. Jurnal Ilmiah dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103.
Dewi, A. O. P. (n.d.). Kecerdasan buatan sebagai konsep baru pada perpustakaan. ANUVA, 4(4), 453.
Erawan, W. (2022). Pemanfaatan Google Form untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Inggris kelas VII MTs. Asy-Syafi’iyyah Jatibarang. SECONDARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah, 2(3), 337.
Heryadi, F. (2021). Penggunaan Google Form sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 2 Ketapang. SWADESI: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 2(1), 20.
Hidayat, I., Suriani, A., Setiawan, A., & Lubis, A. (2023). Implementasi aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa SMP Negeri 1 Kunto Darussaam. Journal on Education, 6(01), 6933.
Idris, M. M., & Ayarafah, A. (2020). Penilaian autentik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam, 3(1), 1–9.
Karyadi, B. (2023). Pemanfaatan kecerdasan buatan dalam mendukung pembelajaran mandiri. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 253.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.
Copyright (c) 2024 Suriyati Suriyati, Nuriya Ramadani, Musdalifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.