Efektivitas Artificial Intelegence (AI) pada Pembelajaran Sains dan Agama untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa

  • Syamsidar HS IAIN Bone
  • Samsinar S IAIN Bone
Keywords: Efektivitas, artificial intelligence, kemandirian belajar

Abstract

Pembelajaran sains dan agama menghadirkan tantangan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa tingkat pertama dalam penggunaan teknologi terkini sebagai bentuk inovasi pembelajaran. Penelitian ini membantu mahasiswa untuk mengetahui keefektivan artificial intelligence (AI) yang dapat meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh artificial intelligence (AI) terhadap kemandirian mahasiswa PGMI semester 2 dalam menyelesaikan tugas-tugasnya dalam perkuliahan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara kuantitatif yang meliputi pembagian angket kepada mahasiswa dengan jumlah 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa meliputi kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, tidak mudah terpengaruh dengan orang lain, dan mampu menyelesaikan masalah melalui aplikasi gemini, chatbot, chat GPT, canva,CICI, online translator, google classroom, mengaji. ai. Hal tersebut memberikan pengaruh positif dan efektif dalam meningkatkan kemandirian mahasiswa berdasarkan nilai P diperoleh nilai 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, J. R., Faiz, A., & Septiani, L. (2022). Penggunaan Media Quiziz Sebagai Sarana Pengembangan Berpikir Kritis Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 201-210.

Cyly, Z., Dalu, A., Satrio, A., Nurwitta, T., Aprastin, B., & Maulidah, S. (2023). Platform Microlearning Object Berbantuan Open AI (Artificial Intelligence) sebagai Upaya Membangun Lingkungan Pembelajaran Mandiri Bagi Mahasiswa Pelaksana MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Epistema, 4(2), 154–165. https://journal.uny.ac.id/index.php/epistema/article/view/66893

Daryanto., S. (2022). Pembelajaran Abad 21. Gava Media.

Djakfar Musthafa, F. A. (2024). Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Pembelajaran: Fenomena Transformasi Otoritas Pengetahuan di Kalangan Mahasiswa. Journal of Contemporary Islamic Education, 4(1), 125–136. https://doi.org/10.25217/jcie.v4i1.4386

Fauziyati, W. R. A. (2023). Dampak penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2180-2187.

Gunawan, M. (2023). Pendidikan Islam Dalam Bayangan Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan): Sebuah Kajian Pustaka Mengenai Dampak Ai Dalam Pendidikan Islam. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 52–64. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/213

Halik, A., & Rustan, A. S. (2021). Sistem Pembelajaran Digital berbasis Research: studi proyeksi iain parepare. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 1-13.

Halim, C., & Prasetyo, H. (2018). Penerapan Artificial Intelligence dalam Computer Aided Instructure (CAI). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 50-57.

Ilyas, M. M. & Wiryosutomo, HW (2022). Studi Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Pembelajara Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal BK Unesa, 12(2).

Kurniasih, I. (2023). Evaluasi Kurikulum Merdeka Belajar : Memahami dan Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Abad 21 (P. Yuliana (ed.)). Kata Pena.

Maulidah, N. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Pedagogi Kreatif Berbasis Teknologi Digital dalam Pembelajaran IPS untuk Menstimulasi Kebiasaan Berpikir Kreatif Calon Guru Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ramadiani, Y., Agusmelda, R., & Betania, S. (2023). Peran Teknologi AI Terhadap Kreatifitas Mahasiswa dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal ORTOPEDAGOGIA, 9(2), 126. https://doi.org/10.17977/um031v9i22023p126-130

Setiawati, L. (2023). Implementasi Chat-Gpt Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. International Conference on Humanity Education and Sosial, 2(1), 11. https://www.bing.com/ck/a?!&&p=4d3e5b818b603b86JmltdHM9MTcxOTc5MjAwMCZpZ3VpZD0xY2NlYzZhYy1jNjNhLTY1OGYtMjdjZS1kNTFlYzc2YzY0MjcmaW5zaWQ9NTE4OQ&ptn=3&ver=2&hsh=3&fclid=1ccec6ac-c63a-658f-27ce-d51ec76c6427&psq=implementasi+chatgpt+dalam+pembelajaran+pendidik

Sibuea, M. F. L., Sembiring, M. A., Agus, R. T. A., & Pertiwi, D. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Logika Komputer. Journal of Science and Social Research, 5(3), 715. https://doi.org/10.54314/jssr.v5i3.1205

Susdarwono, E. T. (2021). Artificial Intelligence (AI) drone dalam pertahanan: problem dan kemajuan. Jurnal Ilmiah Intech: Information Technology Journal of UMUS, 3(01), 1-11.

Wahyu Hidayat M, Najafi, A. M., Ramlan, F., Ra’pak, F. T., Leo, M. A., & Fadhlirrahman Baso. (2023). Efektivitas Penerapan Metode Gamification Berbasis Online Terhadap Pencapaian Kompetensi Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal Pendidikan Terapan, 01, 17–27. https://doi.org/10.61255/jupiter.v1i1.2

Widiasworo, E. (2023). Pembelajaran HOTS Integratif : Berdasarkan Spirit Merdeka Belajar. Abadi Selaras Karya.

Yanti, S., & Surya, E. (2022). Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran. Kemandirian Belajar Dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran, December 2017.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Wulandari, T., & Mudinillah, A. (2022). Efektivitas penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 102-118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2il.245

Published
2024-10-14
How to Cite
HS, S., & S, S. (2024). Efektivitas Artificial Intelegence (AI) pada Pembelajaran Sains dan Agama untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 18-25. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3135