Peran Teknologi AI dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa
Abstract
Kemajuan teknologi dan peningkatan kemampuan komputasi komputer telah membuka peluang untuk menerapkan berbagai aplikasi dan algoritme yang sebelumnya tidak mungkin dijalankan pada perangkat portabel seperti laptop dan ponsel pintar. Salah satu teknik yang semakin populer adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), yang kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. AI adalah istilah umum yang mengacu pada simulasi kecerdasan manusia oleh mesin yang menggunakan data besar untuk melakukan berbagai tugas. Kehadiran AI telah membawa dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk di bidang pendidikan. Namun, di samping manfaatnya, AI juga memiliki dampak negatif yang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh AI terhadap pengembangan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari perspektif epistemologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan analisis literatur. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa AI dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui beberapa cara, seperti meningkatkan akses ke sumber daya pembelajaran, personalisasi pembelajaran, mendukung pembelajaran kolaboratif, memberikan umpan balik yang cepat dan akurat, serta mendukung pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning/PBL). Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa dampak negatif, termasuk ketergantungan pada teknologi, kualitas informasi yang tidak terjamin, isolasi sosial, serta masalah etika dan privasi. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang seimbang dan strategis dalam mengintegrasikan AI dalam pendidikan untuk memastikan bahwa manfaatnya dapat dimaksimalkan, sementara dampak negatifnya diminimalkan.
Downloads
References
Ahmad Hania, A. (2017). Mengenal artificial intelligence, machine learning, & deep learning. Jurnal Teknologi Indonesia, 1(June), 1–6. https://amt-it.com/mengenal-perbedaan-artificial-inteligence-machine-learning-deep-learning/
Ai, M., & Pendidikan, D. (n.d.). AI dalam pendidikan: Pembelajaran yang dipersonalisasi, sistem pembelajaran adaptif, sistem bimbingan belajar yang cerdas, efisiensi guru, penilaian otomatis, analisis data, hasil siswa, masukan, aksesibilitas, pembelajaran inklusif.
Bukhori, M. W., Giyaatsusshidqi, M., Agustina, N., & Huda, Y. S. (2024). Implementasi penggunaan AI dalam proses pembelajaran mahasiswa teknologi pendidikan angkatan 2023. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 3(2), 50–55.
D’Mello, S. K., & Graesser, A. C. (2012). Dynamics of affective states during complex learning. Learning and Instruction, 22(2), 145–157.
Dilenbourg, P., & Fischer, F. (2007). Zeitschrift Fur Berufs- Und Wirtschaftspadagogik, 21, 111–130.
Ennis, R. H. (2015). Definisi berpikir kritis: Konsep dan aplikasi. Routledge.
John, D., Smith, A., & Lee, K. (2019). Penggunaan AI dalam pendidikan untuk meningkatkan berpikir kritis mahasiswa. Journal of Education Technology, 45(2), 23–34.
Jones, B. (2021). No title. Journal of Education, 5(1), 112–128.
Jones, E. (2021). Masalah etika dalam penggunaan AI di pendidikan. Ethics and Information Technology, 29(2), 30–41.
Junida, D. S. (2019). Kecanduan online anak usia dini. Walasuji: Jurnal Sejarah dan Budaya, 10(1), 57–68. https://doi.org/10.36869/wjsb.v10i1.39
Krajcik, J. S., & Blumenfeld, P. C. (2006). The Cambridge handbook of the learning sciences. In Book chapter (pp. 317–334).
Kurniawan, R. (2018). Umpan balik personal AI dalam pembelajaran. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 32(4), 60–71.
Mahmudi, M. (2019). Pendidikan agama Islam dan pendidikan Islam: Tinjauan epistemologi, isi, dan materi. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 89–105. https://doi.org/10.30659/jpai.2.1.89-105
Meyla Pramesti, D. P. H. (2023). Pengembangan program penguatan karakter kreatif pada organisasi Ikatan Pelajar Muhammadiyah di MI Muhammadiyah 01 Jombang. Proceedings, 1505–1514.
Michael Reskiantio Pabubung. (2021). Epistemologi kecerdasan buatan (AI) dan pentingnya ilmu etika dalam pendidikan interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 152–159.
Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2020). The model of problem-based learning, students' problem-solving skills and characteristics of thinking way. Kawanua International Journal of Multicultural Studies, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.30984/kijms.v1i1.8
Picard, R. W. (2000). Affective computing. MIT Press.
Roll, I., & Wylie, R. (2016). Evolution and revolution in artificial intelligence in education. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 26(2), 582–599.
Russell, S., & Norvig, P. (2020). Artificial intelligence: A modern approach (4th ed.). Pearson.
Siemens, G. (2013). Learning analytics: The emergence of a discipline. American Behavioral Scientist, 57(10), 1380–1400.
Smith, B. (2020). Dampak negatif ketergantungan AI dalam pendidikan. Journal of Educational Psychology, 41(3), 45–56.
Suparni, S. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa menggunakan bahan ajar berbasis integrasi interkoneksi. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(2), 40–58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v3i2.716
Syamsudin, M. R. R. (2023). Asas filosofis dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(2), 576.
Wahyuni, D., Priyanto, H., & Saputra, A. (2021). Motivasi belajar mahasiswa melalui keterlibatan AI. Education Psychology Review, 38(1), 78–89.
Williams, E. (2018). Title of the paper. International Conference on Education, 78–89.
Woolf, B. P. (2009). Building intelligent interactive tutors: Student-centered strategies for revolutionizing e-learning. Morgan Kaufmann.
Yusriana, R. (2019). The influence of the interesting topic text on students' reading comprehension (A case study at SMA N 1 Suro, Aceh Singkil). Unpublished dissertation. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/16165/
Copyright (c) 2024 Harmilawati, Rifqatussa’diyah, Putri Amalia, Husaini Amaliyah Majid, Izza As Sahrah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.