Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Melalui Penggunaan Artificial Intellgence
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan menjadi perhatian saat ini. Peningkatan mutu pendidikan tidak terlepas dari inovasi pendidikan. Tujuan inovasi pendidikan adalah mengubah proses pembelajaran, mengubah situasi pembelajaran terkait kurikulum, meningkatkan fasilitas pengajaran, dan meningkatkan kualitas profesional guru. Untuk mencapai tujuan tersebut, guru sebagai pelopor pendidikan harus mampu menjalankan peran dan tanggung jawabnya sebagai perencana dan evaluator pelaksanaan, sekaligus berperan sebagai teladan, motivator, dan pembimbing bagi peserta didik sesuai dengan tiga prinsip pendidikan. Penerapan yang tepat adalah teknologi (kecerdasan buatan) karena setiap tahunnya mengalami perkembangan yang sangat besar. Fitur, fungsi, dan tampilan barunya semakin berdampak pada banyak aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan (Luger dan Stubblefield, 1993). Kecerdasan buatan mulai berperan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dan universitas (Mulianingsih et al., 2020). kecerdasan buatan menjadi bagian primer dalam tumbuh kembang teknologi pendidikan. Hal ini tentu memberikan implikasi secara eksplisit terhadap kehidupan kerja manusia di masa depan. Penggunaan Artificial Intelleegence dalam pembelajaran telah membuka berbagai peluang baru dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Dari umpan balik cepat, pemahaman yang tepat, pengenalan materi, hingga kreatifitas, AI telah membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan dan inovasi mereka dengan cara yang lebih personal dan efektif. Namun, penting untuk menjaga keseimbangan antara penggunaan teknologi Artificial Intellegence dan peran guru dalam pendidikan. Kombinasi yang baik antara teknologi AI yang canggih dan interaksi manusia yang berarti akan menciptakan pengalaman pembelajaran yang optimal
Downloads
References
Adrian. (2004). Metode mengajar berdasarkan tipologi belajar siswa. Makalah disampaikan pada diskusi mahasiswa pasca sarjana UHAMKA. Diambil dari http://mtsnslawi.wordpress.com/2011/04/06/metode-pembelajaran-eksperimen/
Abimanto, D., & Mahendro, I. (2023). Efektivitas penggunaan teknologi AI dalam pembelajaran bahasa Inggris. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 256-266.
Almusaed, A., Almssad, A., Yitmen, I., & Homod, R. Z. (2023). Enhancing student engagement: Harnessing “AIED”’s power in hybrid education—A review analysis. Education Sciences, 13(7), 632.
Asrol, L. D., & Rifma, S. (2022). Evaluasi literasi kecerdasan buatan: Definisi. Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies, 1-11.
Burhanuddin, T. R. (2010). Pendekatan, metode, dan teknik penelitian pendidikan. Purwakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.
Chiu, T. K. F., & Chai, C. S. (2020). Sustainable curriculum planning for artificial intelligence education: A self-determination theory perspective. Sustainability, 12(14), 5568.
D’Mello, S., & Graesser, A. (2012). Dynamics of affective states during complex learning. Learning and Instruction, 22(2), 145-157.
H, S. M. (2018). How to use artificial intelligence in the English language learning classroom. Indian Journal of Public Health Research & Development, 9(9), 557–561.
Istiqomah. (2014). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa MTs Sunan Kalijogo Karang Besuki Malang.
Klamma, R., de Lange, P., Neumann, A. T., Hensen, B., Kravcik, M., Wang, X., & Kuzilek, J. (2020). Scaling mentoring support with distributed artificial intelligence. Lecture Notes in Computer Science, 12149 LNCS, 38–44.
Muhardi. (2005). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Journal Unisba, XX(4), 478–492.
Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar Madrasah Ibtidaiyah. 929–930.
Pataranutaporn, P., Leong, J., Danry, V., Lawson, A. P., Maes, P., & Sra, M. (2022). AI-generated virtual instructors based on liked or admired people can improve motivation and foster positive emotions for learning. Proceedings - Frontiers in Education Conference, FIE, 2022-October. https://doi.org/10.1109/FIE56618.2022.9962478
Pelenkahu, N., Ali, M. I., & Tatipang, D. P. (2023). Curriculum development. Penerbit Lakeisha.
Pu, S., Ahmad, N. A., Khambari, M. N. M., Yap, N. K., & Ahrari, S. (2021). Improvement of pre-service teachers’ practical knowledge and motivation about artificial intelligence through a service-learning-based module in Guizhou, China: A quasi-experimental study. Asian Journal of University Education, 17(3), 203–219. https://doi.org/10.24191/AJUE.V17I3.14499
Qawaqneh, H., Ahmad, F. B., & Alawamreh. (2023). The impact of artificial intelligence-based virtual laboratories on developing students’ motivation towards learning mathematics. International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 18(14), 1863–0383.
Rachmawati, T., & Daryanto. (2015). Teori belajar dan proses pembelajaran yang mendidik. Penerbit Gava Media.
Rodrigues, L., Palomino, P. T., Toda, A. M., Klock, A. C. T., Pessoa, M., Pereira, F. D., Oliveira, E. H. T., Oliveira, D. F., Cristea, A. I., Gasparini, I., & Isotani, S. (2023). How personalization affects motivation in gamified review assessments. International Journal of Artificial Intelligence in Education, 1–38. https://doi.org/10.1007/S40593-022-00326-X/TABLES/8
Sandu, N., & Gide, E. (2019). Adoption of AI-chatbots to enhance student learning experience in higher education in India. 2019 18th International Conference on Information Technology Based Higher Education and Training, ITHET 2019. https://doi.org/10.1109/ITHET46829.2019.8937382
Sun, Z., Anbarasan, M., & Praveen Kumar, D. (2021). Design of online intelligent English teaching platform based on artificial intelligence techniques. Computational Intelligence, 37(3), 1166–1180.
Sidabutar, M. (2020). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi akademik mahasiswa. Epistema, 1(2), 117-125.
Supriadi, S. R. R. P., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi artificial intelligence dalam pendidikan di era industri 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 192-198.
Wardani, I. G. A. K., & Wihardit, K. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wardani, I. G. A. K., et al. (2007). Teknik menulis karya ilmiah. Jakarta: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2024 Lince Leny

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.