Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Artificial Intelligence (AI)

  • R. Nurhayati Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Taufiq Nur Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Sudirman P Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Nur Adillah Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Agustina Universitas Islam Ahmad Dahlan
  • Magfira Urva Universitas Islam Ahmad Dahlan
Keywords: Dinamika Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Artificial Intelligence (AI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana dinamika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat ditingkatkan melalui pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan fokus pada studi kepustakaan. Melalui tinjauan literatur, penelitian ini mengungkap beberapa manfaat utama dari integrasi AI dalam pembelajaran PAI. AI memungkinkan personalisasi materi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individu setiap siswa, meningkatkan aksesibilitas pembelajaran terutama bagi siswa di daerah terpencil atau dengan kebutuhan khusus, serta mengotomatisasi tugas administratif sehingga guru dapat lebih banyak berfokus pada proses pengajaran. Selain itu, AI mendukung pengembangan konten pembelajaran yang lebih interaktif dan analisis data yang mendalam untuk peningkatan kurikulum. Dengan pendekatan yang lebih personal, diharapkan bahwa AI dapat mendorong motivasi dan keterlibatan siswa, menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan mendalam. Secara keseluruhan, integrasi AI dalam pembelajaran PAI memiliki potensi besar untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif, adaptif, dan mampu menjawab tantangan pendidikan di era digital saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaly, A. M., Muhammad, G., Erihadiana, M., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Kecakapan guru pendidikan

agama Islam dalam mengoptimalkan pembelajaran berbasis teknologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 88–104. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712

Arisanti, I., Rasmita, Kasim, M., Mardikawati, B., & Murtadha. (2024). Peran aplikasi artificial intelligences (AI) dalam mengembangkan dan meningkatkan kompetensi profesional dan kreativitas pendidik di era cybernetics 4.0. Journal of Social Science Research, 4(1), 28.

Dawis, A. M., Himawan, I. S., Ratnadewi, M., Meidelfi, D., Junaidi, I., Ikhram, F., Defni, I., Harun, R., Haris, M. S., S, W., Yuniar, E., Purnomo, R., Inayah, I., & Nugrahani, A. G. (2019). Artificial Intelligence: Konsep dasar dan kajian praktis. CV. Tohar Media.

Fauziyati, W. R. (2023). Dampak penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(2), 2180.

Gleneagles, D. B., Larasyifa, F., & Fawaiz, R. (2024). Peran teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam meningkatkan efisiensi proses belajar dan pembelajaran. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(5), 115–116.

Hilmi, M., & Hasaniah, N. (2023). Penerapan media pembelajaran digital dalam pengajaran bahasa Arab. Jurnal International Conference of Islamic Olivization and Humanites, 2(7), 489.

Kisno, F., Fatmawati, N., Rizkiyanti, R., Kurniasih, S., & Ratna, E. M. (2023). Pemanfaatan teknologi artificial intelligences (AI) sebagai respon positif mahasiswa PIAUD dalam kreativitas pembelajaran dan transformasi digital. Journal of Islamic Golden Age Education, 4(1), 49.

Lubis, M. S. Y. (2021). Implementasi artificial intelligence pada sistem manufaktur terpadu. Seminar Nasional Teknik (SEMNASTEK) UISU, 4(1), 1.

Mambu, J., Pitra, D. H., Hilmi, A. R. M., Nugraha, W., Louwol, & Saputra, A. M. A. (2023). Pemanfaatan teknologi artificial intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal of Education, 6(1), 269.

Marwantika, A. I. (2023). Dakwah di era artificial intelligence: Proses adopsi inovasi, limitasi, dan resistensi. Proceeding of The 3rd FUAD’s International Conference on Strengthening Islamic Studies (FICOSIS), 3(1), 228–245.

Murniyetti, R., Rahman, R., Muliati, I., & Qodratulloh, W. (2023). Respon guru terhadap penggunaan kecerdasan buatan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti (studi kasus di Kota Padang). Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 4(2), 123–130.

Nurhayati, R., Musdiana, Jamaluddin, & Ahmad, N. I. (2021). Pengaruh kepribadian guru mata pelajaran akidah akhlak terhadap motivasi belajar peserta. Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 13(1), 7–15.

Nurhayati, R., Ningsih, D. A., Kahar, Musdalifah, Rahma, M., Hakiki, A. M. N., & Suwito, A. (2023). Telaah manajemen pendidikan modern dan penerapan manajemen pendidikan berbasis sekolah. Journal on Education, 6(1), 1123–1132.

Putra, W. S., & Wanda, K. (2023). Media puzzle maker berbasis artificial intelligence pada siswa madrasah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 991.

Rubini, & Herwinsyah. (2023). Penerapan artificial intelligence pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 12(2), 81–82.

Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam menyongsong era industri. CV Budi Utama.

Suhendar, W. Q., Milanti, A. A., Suhartini, I., & Rahman, R. (2023). Strategi pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa melalui pembelajaran pendidikan agama Islam di Politeknik. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 23(1), 73. https://doi.org/10.21831/hum.v23i1.53509

Suriyati, R., Nurhayati, A., Suwito, A., Burhanuddin, & Sartina. (2022). Profesionalisme guru PAI di SMU Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Published
2024-10-14
How to Cite
R. Nurhayati, Nur, T., P, S., Adillah, N., Agustina, & Urva, M. (2024). Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Artificial Intelligence (AI). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 1-7. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3131