KELAYAKAN VIDEO PEMBELAJARAN PKN MATERI MUSYAWARAH UNTUK SD/MI PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Proses pembelajaran daring (dalam jaringan) pada saat pandemi harus diupayakan tidak memberikan efek kejenuhan dan kebosanan bagi guru dan murid. Sehingga proses pembelajaran yang dilaksanakan dari rumah, tetap menyenangkan dan berkualitas sehingga diharapkan dapat mencetak generasi yang berkualitas baik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk video pembelajaran PKn materi musyawarah untuk SD/MI pada masa pandemi Covid-19 melalui uji kelayakan oleh ahli materi, ahli media, dan dua praktisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan versi Sugiyono pada tingkatan (level) 2 yang dibatasi pada beberapa tahap saja. Tahapan tersebut meliputi adanya suatu produk, studi literatur, pengujian, hasil pengujian, perbandingan dengan produk standar, kesimpulan dan saran. Instrumen yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket dengan tiga macam lembar validasi. Kelayakan oleh ahli materi dapat dilihat dari aspek kelayakan isi, penyajian, dan tata bahasa. Hasil kelayakan ahli media dilihat dari aspek kelayakan grafik dan kualitas tampilan video. Hasil dari pengujian ahli materi memiliki kategori “sangat layak” dengan nilai 98,8% dan kategori yang dimiliki dari hasil pengujian ahli media juga “sangat layak” dengan nilai 82,5%. Sedangkan hasil dari uji kelayakan oleh praktisi I sebesar 67,5% yang memiliki kategori “layak” dan 97,5% hasil dari praktisi II yang memiliki kategori “Sangat Layak”.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, PKn SD/MI, Pandemi Covid-19
Downloads
References
Hakim, Lukman. (2020). Pemilihan Platform Media Pembelajaran Online Pada Masa New Normal. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. 3(2). 28. doi: https://doi.org/10.31764/justek.v3i2.3516
Hatta, Raden Trimutia. (2021). Alasan WHO Tetapkan Virus Corona/Covid-19 Sebagai Pandemi. Diakses di m.liputan6.com.
Kemendikbud. (2021). Surat Edaran Pencegahan Covid-19 Pada Satuan Pendidikan. Diakses dari www.kemendikbud.go.id.
Pribadi, Benny A. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Rozuna. (2021). Imbauan Mendikbud Terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Diakses di www.lldikti.ristekdikti.go.id.
Sa’adah, Risa Nur dan Wahyu. (2020) Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikatif. Batu: Literasi Nusantara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Tirtoni, Feri. (2016). Pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Buku Baik.
Yuanta, Friendh. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar. 1(2). 94. doi: https://dx.doi.org./10.30742/tpd.v1i02.816
Copyright (c) 2021 Rohana Sufia, Nahdiyatul Ummah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

.png)
.png)
1.png)
2.png)
1.png)
1.png)
2.png)



