PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SDN NYABAKAN BARAT I KABUPATEN SUMENEP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar berbasis model kooperatif tipe Teams Games Tournament dan beberapa alat pendukung seperti RPP, lembar tes hasil belajar siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi hanya pada tahap develop. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berdasarkan model kooperatif tipe Teams Games Tournament yang telah dikembangkan adalah (1) Validitas bahan ajar model kooperatif tipe Teams Games Tournament meliputi validitas komponen kelayakan pembelajaran. materi, RPP, dan tes hasil belajar yang rata-rata memperoleh kategori valid dan sangat valid mendapatkan 90%; (2) Kepraktisan bahan ajar model kooperatif tipe Teams Games Tournament meliputi pelaksanaan pembelajaran rata-rata mendapat kategori baik dan cukup; (3) Keefektifan bahan ajar model kooperatif tipe Teams Games Tournamentmeliputi hasil belajar pada data pencapaian indikator siswa (pretest dan posttest). Siswa yang melakukan tes tersebut sebanyak 25 orang. Siswa yang melakukan pretest tuntas sebanyak 8 orang dan siswa sebanyak 17 orang yang tidak tuntas tidak mencapai KKM yang ditargetkan. Sedangakan siswa yang posttest tuntas sebanyak 18 orang sedangkan siswa sebanyak 7 orang yang tidak tuntas saat melakukan posttest dan sudah banyak mencapai KKM. Oleh karena itu, pencapaian saat pretest dan postest sangat signifikan terjadi kenaikan atau keberhasilan dalam melakukan tes.
Downloads
References
Ari. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Melalui Penerapan model Pembelajaran Teams Games Tournament. Jurnal Basicedu Vol 3 No 1 April Halaman187-193
B. Uno, Hamzah. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.
Badar Ibnu Trianto Al-Tabany. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Dita Dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dengan Menggunakan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN Kalirungkut IV/580 Surabaya. Jurnal Review Pendidikan Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian: Vol 6, No 3, September 2020
Ibrahim, M dan Wahyu, S. (2014). Model pembelajaran inovatif melalui pemaknaan, (Belajar Perilaku positif dari Alam).Surabaya : Unesa University Press.
Jack R. Fraenkel, Nor E. (2008). Waller-How to design and evaluate research in education, USA: McGraw Hill.
Rusni dan Eva. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik (BAE) Berbantuan Flipbook Berbasis Keterampilan Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan CTL Pada Pembelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 2, Desember 2017: 190 – 201.
Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta