Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Pedagogical Competence of Elementary School Teachers in the Implementation of the Independent Curriculum

  • Lia Asna Nafisa Dewi Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Mona Rahmawati Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Cincin Retna Setiawati Institut Agama Islam Negeri Metro
Keywords: kurikulum merdeka, kompetensi pedagogik, pendidikan dasar

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka di Indonesia, yang mulai dilaksanakan pada tahun 2022, bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat sekolah dasar. Kurikulum ini berfokus pada pengembangan kompetensi pedagogik guru, yang menjadi kunci dalam menciptakan pengalaman belajar yang menarik dan relevan bagi siswa. Penelitian ini mengkaji tantangan yang dihadapi guru dalam memahami dan menerapkan Kurikulum Merdeka, serta strategi peningkatan kompetensi pedagogik yang diperlukan. Metode yang digunakan adalah penelusuran literatur dari publikasi ilmiah antara tahun 2020 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun banyak guru telah beradaptasi dengan pendekatan baru, masih ada kebutuhan mendesak akan pelatihan berkelanjutan dan dukungan dalam pemanfaatan teknologi untuk pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan kompetensi pedagogik yang sistematis diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka dan berdampak positif pada prestasi akademik siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditiya, Novela, Siti Fatonah. 2023. “Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak Di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 13 (2): 108–16.

Alimuddin, J. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 4(02): 67–75.

Alimuddin, Johar. 2023. “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL 4 (2). https://jurnal.umus.ac.id/index.php/kontekstual/article/view/995/604.

Angga, Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu Vol. 6: No.4 Hal. 5877-5889.

Ani Marlia, Aulia Violeta Rieartika, Shevia Indriani, Leyin Iklimah, Tentri Wulandari, Tria Karunia, and Aisyah Sina Dewi. 2024. “Menelaah Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar: Slr.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Kebudayaan Dan Agama 2 (3): 100–106. https://doi.org/10.59024/jipa.v2i3.744.

Ernawati, Evi, Widya Kusumaningsih, Rosalina Ginting. 2024. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Pada Kurikulum Merdeka SD Krista Citra Kabupaten Temanggung.” Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah 5 (1): 252–61.

hamdi. 2022. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik.” Jurnal Artikel Pendidikan.

Katarina Pantic, and Megan Hamilton. 2024. “Conducting a Systematic Literature Review in Education: A Basic Approach for Graduate Students.” Brock Education Journal 33 (1): 49–65. https://doi.org/10.26522/brocked.v33i1.1121.

KhoirotunNisa, Ani, Dwi Kartika Kusuma Wardani. 2023. “The Role of Teachers in Developing the Curriculum and Implementing the Independent Curriculum in Elementary Schools.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 10 (2). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index.

Lestari, Putri Dwi Jayanti Pramesti, Imam Bahrozi, and Ivo Yuliana. 2023. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian 9 (3): 153–60. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160.

Meiza Rahma, Nira Wahyuni, Karina Anggreni Purba. 2023. “IMPLEMENTASI PEDAGOGI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata 4 (1): 477–80. https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf.

Muhammad Fariz Baihaqi, Rd. Dian Herdiana Utama. 2024. “KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 7. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp.

Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45-54.

Novita Apriyantika, Dea Mustika. 2023. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 141 Pekanbaru.” Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia 2 (4): 503 – 513. https://jpion.org/index.php/jpi.

Nuralan, Sitti. 2020. “Kopetensi Pedagogik Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Di Sd Negeri 23 Tolitoli.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 5 (1): 65–69. https://doi.org/10.47435/jpdk.v5i1.291.

Nurcahyono, Novi Andri. 2023. “Strategi Pengembangan Kompetensi Calon Guru SD Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka.” Journal of Contemporary Issue in Elementary Education 1 (1): 1–10. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5308.

Putri Ramadhani, Dea Mustika. 2024. “Strategi Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas V Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Di SD Negeri 182 Pekanbaru.” Indonesian Research Journal on Education 4: 149 – 154. https://irje.org/index.php/irje.

Rokhman, O, Ariana Norma Ningsih, Trisfa Augia, Hendery Dahlan, Nur Alam Rosyada, Amrina, Putri, Dini Arista, Fajar, Evi Yuniarti, Nora Novia Vinnata, et al. 2020. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Jurnal Berkala Epidemiologi 5 (1): 90–96. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v.

Shaya, U., & Kaur, G. 2021. “A Systematic Review Of The Impact Of Performance Appraisal Systems And Competency Management Framework On The Performance of Employees In The Telecom Sector.” Psychology and Education 58 (1): 2515–2531.

Sibagariang, D., Sihotang, H., & Murniarti, E. 2021. “Peran Guru Penggerak Dalam Pendidikan Merdeka Belajar Di Indonesia.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14: 2.

Siti Aenah, Sitti Hartinah, Suriswo. n.d. “Strategi Sweet Love Membangun Kompetensi Pedagogi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Journal of Education Research.

Sunaryati, Titin, Aprilla Adelia, Farid Ilham, Lili Rahmawati, Evaluasi Pembelajaran, and Kurikulum Merdeka. 2024. “Studi Literatur : Kompetensi Guru” 7: 10099–104.

Syafrizal, S. 2023. “Peningkatan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” Journal on Education 06 (01): 257–61.

Virgiyanti, Dita, Indria Kusuma Dewi, Rizki Zuliani. 2023. “Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Melalui In House Training (IHT) Di SDIT Darul Ulum.” Jurnal Pendidikan Dan Dakwah 3 (4): 751–66. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul.

Walter, L., & Stouck, J. 2020. “Writing the Literature Review: Graduate Student Experiences.” The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning (1): 11.

Yunita Amanda, Yeni Nuraeni, Ina Magdalena. 2024. “Peran Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Pada Siswa Kelas IV SDN Bubulak 1 Kota Tangerang.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 09 Nomor 0.

Published
2025-05-01
How to Cite
Asna Nafisa Dewi, L., Rahmawati, M., & Cincin Retna Setiawati. (2025). Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 65-78. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3379