Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar

Analysis of Differentiated Learning in the Independent Curriculum in Elementary School

  • Anggelina Hapsary Institut Agama Isla Negeri Metro
  • Elysia Anjani Institut Agama Islam Negeri Metro
  • Vina Maryati Institut Agama Islam Negeri Metro
Keywords: Kurikulum Merdeka, Diferensiasi, Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Pemerintah menetapkan kurikulum merdeka sebagai kurikulum baru di Indonesia pada tahun 2022. Kurikulum merdeka ini diharapkan dapat memperbaiki sistem pembelajaran di Indonesia dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang hadir untuk memenuhi kebutuhan siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi menempatkan siswa sebagai pusat pembelajaran dan mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda. Dalam diferensiasinya terdapat 4 aspek namun untuk proses pembelajaran aspek konten dan proses sangat penting dan selalu berkaitan, maka penelitian ini fokus pada kedua aspek tersebut dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Bertujuan untuk mengetahui dan memahami aspek konten dan proses yang diperlukan dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini adalah guru dapat menyesuaikan materi dan metode pembelajaran dengan mempertimbangkan kesiapan, minat serta profil belajar siswa untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa sehingga pembelajaran IPA di sekolah dasar akan lebih kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu System Literature Review (SLR).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhabibi, Pajar, Arsil, and Aldo Febrianto. 2023. “Desain LKPD Pada Pembelajaran Matematika Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas I Sekolah Dasar.” Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar 2.

Arsyad, Muhammad, Arditya Prayogi, and Edi Ahyani. 2024. “Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian.” 4:635–43.

Astria, Restu, and Anggun Badu Kusuma. 2023. “Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 6(2):112–19. doi: 10.30605/proximal.v6i2.2647.

Atmojo, Idam Ragil Widianto, Rukayah, Fadhil Purnama Adi, Roy Ardiansyah, and Dwi Yuniasih Saputri. 2024. Pembelajaran Berdiferensiasi (Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Surakarta: CV. Pajang Putra Wijaya.

Ayu Sri Wahyuni. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Mipa 12(2):118–26. doi: 10.37630/jpm.v12i2.562.

Azmy, Bahauddin, and Arif Mahya Fanny. 2023. “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR.” Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar vol.7.

Badrullah, Muhammad Wajdi, Dewi Hikmah Marisda, Nurul Magfiroh, and Andi Ardhila Wahyudi. 2024. STRATEGI SUKSES UNTUK PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Yogyakarta: Deepublish Digital.

Chantika, Hernita, Wirda Hanim, and Uswatun Hasanah. 2024. “Teori Pembelajaran Berdiferensiasi Dan Pengaruhnya Dalam Mengidentifikasi Gaya Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4(3 SE-Articles):13896–907.

Edwin, Ni Made Darmiyanti, Wiwin Kusrianto, Ni Wayan Noviani, Andika Syahputra, and Asthadi Mahendra Bhandesa. 2024. MEMAHAMI KECERDASAN MAJEMUK: ACUAN DALAM MENGOPTIMALKAN POTENSI MANUSIA. Yogyakarta: Deepublish Digital.

Lorås, Madeleine, Guttorm Sindre, Hallvard Trætteberg, and Trond Aalberg. 2022. “Study Behavior in Computing Education—A Systematic Literature Review.” ACM Transactions on Computing Education 22(1):1–40. doi: 10.1145/3469129.

Muliawan, Pondra. 2024. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia : Tinjauan Literatur Terhadap Isu Dan Tantangan Terkini Analysis of the Implementation of the Independent Curriculum in Indonesian Language Teaching : Literature Review of Current Issu.” (November):7932–42.

Munawir, Munawir, Lailun Nurul Arofah, and Roukhillah Anggraini Puspita Sari. 2024. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan 9(1):49–54. doi: 10.47435/jpdk.v9i1.2785.

Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45-54.

Nurhayati, Nurhayati. 2023. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERDEFERENSIASI ( Literature Review ).” Jurnal Normalita 11(3):531–38.

Nurjanah, Nunung, and Syamsudin Syamsudin. 2023. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Matematika Di SD Negeri 1 Imbanagara Raya.” Jurnal Manajemen Pendidikan 11(1):053–057. doi: 10.33751/jmp.v11i1.7707.

Picasouw, T. E., W. E. Apituley, R. Pulung, and ... 2023. “Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.” Jurnal Pendidikan 4:524–35.

Pratomo, Herdianto Wahyu, Jihan Ramadhan, Fahmie Firmansyah, Wisadatul Ummi, and Andi Nurul Tenriwali Hasanuddin. 2024. “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH: A NARRATIVE LITERATURE REVIEW.” Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Volume 09.

Purba, Mariati, Nina Purnamasari, Sylvia Soetantyo, Irma Rahma Suwarma, and Elisabet Indah Susanti. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction).

Safitri, Tria, Nasyariah Siregar, and Vioni Saputri. 2024. “Analisis Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sekolah Dasar Islam Terpadu an Nahl Kota Jambi.” Jurnal Citra Pendidikan 4(2):1755–67. doi: 10.38048/jcp.v4i2.3460.

Sanulita, Henny. 2023. “Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan 7(2):196. doi: 10.26418/jurnalkpk.v7i2.69035.

Setyo Adji Wahyudi, Mohammad Siddik, and Erna Suhartini. 2023. “Analisis Pembelajaran IPAS Dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Mipa 13(4):1105–13. doi: 10.37630/jpm.v13i4.1296.

Solimun, Adji Achmad Rinaldo Fernandes, Nurjannah, Evitari Galu Erwinda, Rindu Hardianti, and Luthfia Hanun Yuli Arini. 2023. METODOLOGI PENELITIAN: Variabel Mining Berbasis Big Data Dalam Pemodelan Sistem Untuk Mengungkapkan Research Novelty. Malang: UB Press.

Wahyuningsari, Desy, Yuniar Mujiwati, Lailatul Hilmiyah, Febianti Kusumawardani, and Intan Permata Sari. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar.” Jurnal Jendela Pendidikan 2(04):529–35. doi: 10.57008/jjp.v2i04.301.

Published
2025-05-01
How to Cite
Anggelina Hapsary, Elysia Anjani, & Vina Maryati. (2025). Analisis Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 88-99. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3371