Penerapan Media Pembelajaran Jemuran Gembira dan Kuis Interaktif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar

Application of Clothesline Happy Learning Media and Interactive Quizzes to the Learning Outcomes of Class IV Students at SDN Karangayu 01 Semarang City

  • Muchamad Hidayatullah PGSD UNNES
  • Zahra Dila Intania PGSD UNNES
  • Susilo Tri Widodo PGSD UNNES
  • Rina Nuraeni PGSD UNNES
  • Sri Winarni SDN Karangayu 01 Kota Semarang
Keywords: Media Pembelajaran, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran Jemuran Gembira dan kuis interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Karangayu 01 Kota Semarang pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan materi penerapan sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Jemuran Gembira dan kuis interaktif memberikan dampak positif terhadap hasil belajar peserta didik. Rata-rata nilai hasil belajar meningkat dari 63,3% pada pra-siklus menjadi 67% pada siklus I, dan mencapai 74% pada siklus II. Media Jemuran Gembira efektif dalam membangun interaksi dan keterlibatan peserta didik, sementara kuis interaktif lebih unggul dalam memadukan teknologi dengan elemen kompetitif yang menyenangkan, sehingga mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar. Dengan demikian, kedua media ini layak diterapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, R., & Maryani, E. (2020). Implementasi pembelajaran nilai-nilai Pancasila sebagai upaya mitigasi bencana sosial konflik antar etnis di NTB. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu dan Pendidikan Geografi, 4(1), 32-43.

Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition’. Cambridge Journal of Education, Volume 49, 695-710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529

Dwiputri, F. A., & Dinie, A. (2021). Penerapan Nilai Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas Kreatif dan Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 5 Nomor 1 , 1267-1273. Diakses dari

https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1097

Handayani, P. A., & Dinie, A. D. (2021). Implementasi Pancasila sebagai Dasar Negara. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 5 No.1 , 6-12. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1439

Indarta, Y., et al. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran

Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu

Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Karakus, G. (2021). A Literary Review on Curriculum Implementation Problems. International Journal of Education, Vol. 9, No. 3, 201-220. Diakses dari

https://doi.org/10.34293/education.v9i3.3983

Lestari, T. P, dkk. (2024). Penerapan Media Jemuran Gembira terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas 2 SDN Pandeanlamper 01 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 8 No. 1, 14066-14074. Diakses dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/14375

Madina, N. R, dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 2, 899-912. Diakses dari https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/317/217 .

Majidah, Nurul., et al. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SDN Alalak Tengah 2. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisplin, Vol.2 No. 3, 1226-1235. https://doi.org/10.60126/maras.v2i3.353

Marques, R., & Xavier, C. R. (2020). The Challenges and Difficulties of Teachers in the Insertion and Practice of Environmental Education in the School Curriculum. International Journal on Social and Education Sciences (IJonSES), Volume 2 (1), 49-56.

Miftah, M. (2023) ‘Studi Kelayakan Pengembangan Layanan Media Pembelajaran Berbasis TIK Terintegrasi untuk PAUD’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), pp. 104–118. Available at: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2527.

Pagau, D. A., & Mytra, P. (2023). The Effect of Technology In Mathematics Learning. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 287-296.

Purba., P. B., et al. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Dei Serdang: Yayasan Kita Menulis.

Putri, M. F. J. L., et al. (2023). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 7 No. 2 , 1983-1988. Diakses dari https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/5576/3276

Qoyyimah, U. (2016). Inculcating character education through EFL teaching in Indonesian state schools. Pedagogies: An International Journal, Volume 11, 109-126. Diakses dari https://eric.ed.gov/?id=EJ1100530

Singh, B. (2019). Character education in the 21st century. Journal of Social Studies (JSS), Vol 15, No 1, 1-12. 10.21831/jss.v15i1.25226

Yusnita, A., et al. (2024). Membentuk Karakter Pancasila di Era Generasi Z. Jurnal Ilmu Pendidikan, Politik dan Sosial Indonesia, Volume. 1 No. 3, 246-257.

https://doi.org/10.62383/aktivisme.v1i3.359

Published
2025-05-01
How to Cite
Hidayatullah, M., Intania, Z. D., Widodo, S. T., Nuraeni, R., & Winarni, S. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Jemuran Gembira dan Kuis Interaktif terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 60-64. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3359