Penanaman Nilai Islam Dalam Membentuk Self Efficacy Peserta Didik di UPT SMK Negeri 1 Nguling

The Implementation of Islamic Values in Developing Students' Self-Efficacy at UPT SMK Negeri 1 Nguling

  • Nur Fitria Umami Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
  • Maulid Agustin Institut Ahmad Dahlan Probolinggo
Keywords: Self-efficacy, Nilai-nilai Islam, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penanaman nilai-nilai Islam dalam membentuk self-efficacy (kepercayaan diri) peserta didik di SMK Negeri 1 Nguling. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan diri memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan akademik dan sosial peserta didik. Meskipun banyak peserta didik yang memiliki kemampuan akademis yang baik, mereka sering kali mengalami kekurangan dalam hal kepercayaan diri, yang dapat menghambat prestasi mereka. Penanaman nilai-nilai Islam dilakukan melalui berbagai kegiatan di sekolah, termasuk pengajaran berbasis nilai positif, sholat berjamaah, dan kegiatan sosial, yang terbukti meningkatkan kepercayaan diri, disiplin, dan keterampilan sosial peserta didik. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor penghambat, seperti kurangnya pemahaman ajaran Islam dan pengaruh lingkungan negatif. Dukungan dari sekolah dan guru sangat penting dalam mendukung proses ini. Penelitian ini merekomendasikan penerapan program pelatihan yang berfokus pada pengembangan self-efficacy dalam konteks pendidikan Islam, serta pentingnya dukungan sosial dari guru, teman, dan keluarga. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai aqidah, akhlak, dan ibadah dalam pembelajaran, diharapkan dapat membentuk pola perilaku positif dan menghasilkan pribadi Muslim yang berkualitas, baik secara jasmani maupun rohani.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawi, D., Ruswandi, U., Samsul Arif, B., Yasika, S., Islam Cendekia Cianjur, S., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2023a). Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Alawi, D., Ruswandi, U., Samsul Arif, B., Yasika, S., Islam Cendekia Cianjur, S., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2023b). Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Bandura, A. (1994). Encyclopedia of mental health (Vol. 4). Academic Press.
Fathurohim, F. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Asy-Syukriyyah, 24(2), 184–194. https://doi.org/10.36769/asy.v24i2.418
Hamida Olfah. (2024). 25.+Pendekatan+Interdisipliner+dalam+Pemikiran+Pendidikan+Islam(+sentri+juni+28). Ejournal.Nusantaraglobal.Ac.Id/Index.Php/Sentri .
Harristhana Mauldfi Sastraatmadja, A., Padila Nurhasanah, D., & Priyana, Y. (2023). Peran Keluarga dalam Pendidikan Islam Guna Membentuk Generasi Islam yang Berkualitas di Jawa Tengah. In Jurnal Pendidikan West Science (Vol. 01, Issue 10).
Hasnah, S., Susanto, N., Syahrudin, S., Solehuddin, Moh., Yuniarti, E., & Irawan, I. (2023). Implementasi Nilai-Nilai Islam dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga untuk Membentuk Karakter Ulul Albab. At-Ta’dib, 18(1), 18–27. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i1.9909
Jaafar, N., Muhamad, N., Tamuri, A., Ahmad, A., Hussin, N., Daud, M., … & Ishak, M. (2019). The significant correlation between self efficacy and the role of islamic education teachers as a society change agent. Mediterranean Journal of Social Sciences, 10(3), 83-89. https://doi.org/10.2478/mjss-2019-0044
Javeed, N. (2023). In-service training and character development in relation to islamization initiatives in selected islamic integrated schools in selangor. Iium Journal of Educational Studies, 11(2), 85-114. https://doi.org/10.31436/ijes.v11i2.480

Lasmita Sihaloho, A. R. L. A. W. (2018). View of Pengaruh Efikasi Diri (Self Efficacy) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas Xi Ips Sma Negeri Se-Kota Bandung. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jinop/article/view/5671/pdf
Mahmudi, M. and S. S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial Dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar (Vol. 3, Issue 02).
Martyajuarlinda, P. and Kusumajanto, D. (2018). Effect of entrepreneurship education and self efficacy towards the intention of entrepreneurship. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 142-152. https://doi.org/10.17977/um003v4i32018p142
Mufidah, E. F., Pravesti, C. A., Ardika, D., & Farid, M. (2022). Urgensi Efikasi Diri: Tinjauan Teori Bandura.
Muh Nurjihad. (2021). Internalisasi Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Self. Repositori UIN Alauddin Makassar.
Muhammad Rizki, A., Lessy, Z., Islam, P., & Tarbawi, H. (2024). Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Tarbawi Kata kunci. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Munfaridatus Sholihah Fakultas Tarbiyah IAI Sunan Giri Ponorogo, A., & Zakiya Maulida Pascasarjana IAI Sunan Giri Ponorogo, W. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter (Vol. 12, Issue 1).
Naqiyah, N. (2022). Positive Behavior Values to Improve Student Self-Efficacy: A Case Study in Islamic Boarding Schools. Open Access Macedonian Journal of Medical Sciences, 10(A), 1577–1584. https://doi.org/10.3889/oamjms.2022.10508
Olfah, H. (2024). Pendekatan interdisipliner dalam pemikiran pendidikan islam: memperkuat keterpaduan kurikulum dan metode pembelajaran. Sentri Jurnal Riset Ilmiah, 3(5), 2507-2517. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i5.2813
Purwanto, Yedi. Qowaid, Ma’rifataini, Lisa’diyah. Fauzi, Ridwan “Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum”, Jurnal Edukasi Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 2019.
Pranowo, T. A. (2021). Level of self-efficacy of middle school students during the Covid-19 pandemic. Journal of Advanced Guidance and Counseling, 2(2), 83–94. https://doi.org/10.21580/jagc.2021.2.2.9146
Rachmawati, F., Bashori, K., & Hayati, E. (2017). Pelatihan efikasi diri islami untuk menurunkan kecemasan berbicara di depan umum pada santri. Jurnal Intervensi Psikologi (Jip), 9(1), 52-63. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss1.art4
Rizki, A. (2024). Pendidikan islam dalam perspektif hadist tarbawi. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(6), 5298-5302. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i6.4476
Ruslan, Rosady. Metode Penelitian: Public Relation dan Komunikasi. Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada,2004.
Rohmah, H. (2019). Pembinaan Karakter Peserta didik di SMP Negeri 4 Metro.
Triyono, T., Hasan, M., & Hikmawati, A. (2023). Islamic self-efficacy training and anxiety facing qur’an memorization tests of tahfidz students. Istawa Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 207-220. https://doi.org/10.24269/ijpi.v7i2.4995
Published
2025-05-01
How to Cite
Fitria Umami, N., & Agustin, M. (2025). Penanaman Nilai Islam Dalam Membentuk Self Efficacy Peserta Didik di UPT SMK Negeri 1 Nguling. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 48-59. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3350