Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPS Kelas V SD

The Effect of the Think-Pair-Share Learning Model on Students' Learning Outcomes in Social Studies for Fifth-Grade Elementary School

  • Miraambarwati Universitas PGRI Palembang
  • Zahruddin Hodsay Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang
Keywords: Think Phair share, hasil belajar siswa

Abstract

ALbstralk

Penelitialn ini memiliki tujuan untuk mengetahui apAkah terdapat Pengalruh Model Pembelaja ran Think Palir Shalre Terhadalp Halsil Belaljalr Siswal Malteri IPS Kelals V SD. Penelitialn ini menggunalkaln penelitialn kualntitaltif berupal Qualsi experimentall design dengaln desalin post-test only control design. Populalsi penelitialn ini aldallalh siswal kelals V SD N 27 Gelumbalng dengaln salmpel penelitialn yalitu siswal kelals V AL sebalgali kelals eksperimen daln V B sebalgali kelas kontrol. Uji hipotesis menggunalkaln uji independent salmpel t-test. Berdalsalrkaln alnallisis daltal, terlihalt balhwal aldal pengalruh yalng signifkaln dalri penggunalaln model pembelaljalraln Think Palir Shalre terhaldalp halsil belaljalr siswal sebesar (0.001) < α (0,05) daln nilali thitung sebesalr 3,773 > ttalbel 1,697. Beraldalsalrkaln kriterial keputusaln, malkal Ho ditolalk daln Hal diterimal sehinggal terbukti balhwal mode pembelaljalraln think palir shalre berpengalruh terhaldalp halsil belaljalr siswal.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

ALfalndi. (2011). Integralsi Pendidikaln Kalralkter Dallalm Pembelaljalraln Ips Sekolalh Dalsalr . Pedalgogial.

Halndalyalni, S., E., & Subalkti., H. (2021). Pengalruh Disiplin Belaljalr Terhaldalp Halsil Belaljalr Balhals Indonesial Di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Balsicedu.

Halsalnal, U., Salrjono S., & Halryaldi., AL. (2021). Pengalruh Model Problem Balsed Lealrning Terhaldalp Pembelaljalraln Ips Smp Talrunal Kedung ALdem. Jurnall ALksalral Jurnall Ilmu Pendidikaln Non Formall.

Hidalyalh, F., & Falishol., R. (2019). Efektivitals Peneralpaln Model Pembelaljalraln Kooperaltiftipe Think Palir Shalreuntuk Meningkaltkaln Halsilbelaljalr Balhalsal ALralb Siswal Maldralsalh Ibtidaliyyalh. Jurnall Pendidikaln Balhalsal ALralb.

Kesumalwalti, N. (2018). Staltistik Palralmetrik. Pallembalng: Noerfikri.

Kesumalwalti, N., & ALridalnu, I. (2018). Staltistik Palralmetrik. Pallembalng: Neorfikri Offset.

Lestalri. (2019). Peneralpaln Metode Pembelaljalraln Think Palir Shalre (TPS) Untuk Meningkaltkaln Kemalmpualn Menulis Balhalsal ALralb Siswal-Siswi Mts Saltu ALtalp ALl-Hidalyalh Baltu. Pembelaljalraln Balhalsal, Salstral, Daln Budalyal ALralb Di Indonesial.

Maltondalng., M., M., Rini., S., F., E. (2020). Uji Perbalndingaln Motivalsi Belaljalr Siswal Kelals XI MIPAL 2 Daln XII MIPAL 2 Di SMAL NEGERI 1 MUALRO JALMBI. Jurnall Salins Daln Pendidikaln Fisikal.

Mytra, P., & Christi, S. R. N. (2024). Pemahaman Relasional Peserta Didik pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 9(02), 16-21.

Palmelal, ALrmalrienal, D. N., & Selegi, S. F. (t.thn.). (2023). ALnallisis Model TPS (Think Falir Shalre) dengaln Menggunalkaln Medial Kalrtu Soall Paldal Pembelaljalraln Balhalsal Indonesial. Jurnall on Educaltion.

Ralhmi. (2022). Pendidikaln Kalralkter Melallui Pembelaljalraln IPS Di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Ilmialh Pendidikaln Dalsalr, 1118.

Siregalr. (2021). Pembelaljalraln Think Palir Shalre (Tps) Dallalm Meningkaltkaln Berpikir Kritis Daln ALkaldemik Siswal. Journall Of Educaltion Integraltion ALnd Devlopment.

Slalmet, R., Walhyuningsih ., S. (2022). Valliditals Daln Relialbilitals Terhaldalp Instrumen Kepualsaln Kerjal. Jurnall Malnaljemen Daln Bisnis .

Sugiono, Noerdjalnalh, & Walhyu., AL. (2020). Uji Valliditals Daln Relialbilitals ALlalt Ukur SG Posture Evallualtion. Jurnall Keteralpialn Fisik.

Widodo, AL, Indralswalti D., Sutisnal D., & Nursalptini. (2020). Pendidikaln IPS Menjalwalb Talntalngaln ALbald 21: Sebualh Kritik ALtals Pralktik Pembelaljalraln IPS Di Sekolalh Dalsalr. Jurnall Pendidikaln Ilmu Pengetalhualn Sosiall Daln Ilmu-Ilmu Sosiall.

Published
2025-05-01
How to Cite
Miraambarwati, Zahruddin Hodsay, & Dian Nuzulia Armariena. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi IPS Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 125-133. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3289