Peran Guru Dalam Dinamika Perkembangan Kurikulum: Menghadapi Tantangan Dan Peluang Masa Kini

The Role of Teachers in the Dynamics of Curriculum Development: Facing Current Challenges and Opportunities

  • Dela Puspita Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Nayla Syafitri Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Wulan Rhomadona Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Wulan Rahma Dewi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • M. Jaya Adi Putra Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
  • Mutia Yulita Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau
Keywords: Peran Guru, Kurikulum Merdeka, Inovasi Pembelajaran, Tantangan Pendidikan, Fleksibilitas Kurikulum, Pembelajaran

Abstract

Perubahan kurikulum di Indonesia, terutama dengan diperkenalkannya Kurikulum Merdeka, menuntut guru untuk memainkan peran yang semakin kompleks. Guru tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator yang dapat memotivasi dan menginspirasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran guru dalam menghadapi tantangan dan peluang perubahan kurikulum, khususnya di SDN 039 Ujung Tanjung. Menggunakan pendekatan kualitatif, wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus (FGD) dilakukan secara daring terhadap lima guru SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru merespons perubahan kurikulum dengan meningkatkan kapasitas diri melalui pelatihan, belajar dari berbagai sumber, serta menyesuaikan metode pengajaran dengan karakteristik siswa. Guru juga mengidentifikasi tantangan seperti keterbatasan teknologi dan akses pembelajaran jarak jauh, namun tetap berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang lebih relevan dan adaptif. Kesimpulannya, Kurikulum Merdeka memberikan peluang besar bagi guru untuk memberdayakan siswa dalam menghadapi tantangan masa depan melalui pembelajaran yang lebih fleksibel dan inspiratif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.R, Z. T. (2018). Dinamika Perkembangan Kurikulum Pendidikan Pesantren; Satu Analisis Filosofis. El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 1–21.

Adolph, Ralph. (2016). DINAMIKA PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN: SEBUAH KOMPARASI ANTARA JEPANG DAN INDONESIA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09, 1–23.

Ananda, A. P., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Di Indonesia Dari Masa Ke Masa. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.31540/sindang.v3i2.1192

Anis Zohriah1, Hikmatul Fauzjiah2, Adnan3, M. shofwan M. N. B. (2023). Jurnal Dirosah Islamiyah Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah Volume, 5, 704–713. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i3.4289

Arsyad, & Safitriani. (2024). Konsep Kurikulum Pendidikan; Interpretasi Bagi Guru Dalam Mendesain Pembelajaran. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.61104/jq.v2i1.68

Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Ageng Shagena Tantangan dan Peran Dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar Lentera. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 219–232.

Asri, Yuni. N. (2020). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum the Role of the Teacher in Curriculum Development. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 79–84.

Bowers, Bruce. (2019). Teacher Involvement in Curriculum Development. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Dan, P., & Kurikulum, P. (2024). Perkembangan dan pemberlakuan kurikulum di indonesia. 4, 1921–1929.

Fatmawati, Ira. (2021). The Role of Teachers in Curriculum Development and Learning. Revorma, Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 20–37. http://ejournal-revorma.sch.id

Fathan Faris Saputro, Zainal. A. (2021). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum Merdeka. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 1(1), 20–37. https://doi.org/10.62825/revorma.v1i1.4

Florencia Ananda Gulo. (2024). Teachers’ Role and the Development of Curriculum. Sintaksis : Publikasi Para Ahli Bahasa Dan Sastra Inggris, 2(1), 226–230. https://doi.org/10.61132/sintaksis.v2i1.373

Halim, Amar. (2022). Signifikansi dan Implementasi Berpikir Kritis dalam Proyeksi Dunia Pendidikan Abad 21 Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 404–418. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.385

Iwan Usma Wardani, F., Universitas, P., Barat, N. T., Ilmu, P., Sosial, P., Pendidikan, U., Pendidikan, P., Universitas, D., & Ganesha, P. (2023). Jurnal Darma Agung GURU DAN TANTANGAN KURIKULUM BARU : ANALISIS PERAN. Jurnal Darma Agung, 31(5), 301–313.

Joke M. (2016). Teacher collaboration in curriculum design teams: effecsts, mechanisms, and conditions. Educational Research and Evaluation. Page 121-140.

Maros, Hikmah, and Sarah Juniar. 2021. "EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN 'jurnal Tawadhu" Vol.5 No.2,2021."'Jurnal Tawadhu, Vol.5 No.2.2021 5 (2): 218-29.

Maryono, M. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 72–89. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6819

Meilinda, F. R. (2019). Pengertian , Proses dan Peran Guru Dalam Administrasi Kurikulum. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1–5.

Nurhayati. (2023). Peran Guru Dalam Pengembangan Kurikulum. Educatia : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 12(2), 125–150. https://doi.org/10.69879/v39d7824

Rahmawati, S., & Astuti, D. (2024). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA tuntutan zaman , memungkinkan setiap individu untuk mengembangkan potensi secara optimal , ketinggalan zaman sehingga berdampak pada kualitasnya . Agar pendidikan menjadi pembelajaran yang dijadikan sebagai . 5(3), 3026–3038.

Rohmah, A. N., Sari, I. J., Rohmah, N. L., Syafira, R., Fitriana, F., & Admoko, S. (2023). Implementation of the “Merdeka Belajar” Curriculum in the Industrial 4.0 Era. International Journal of Research and Community Empowerment, 1(1), 22–28. https://doi.org/10.58706/ijorce.v1n1.p22-28

Sahrandi, S., & Bahri, S. (2023). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 10(1), 100–108. https://doi.org/10.31571/sosial.v10i1.6712

Yenti, D., Hefrita, N. O., & Fadriati, F. (2024). Landasan Pengembangan Kurikulum Merdeka. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 3317–3327. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1285

Published
2025-05-01
How to Cite
Puspita, D., Syafitri, N., Rhomadona, W., Dewi, W. R., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2025). Peran Guru Dalam Dinamika Perkembangan Kurikulum: Menghadapi Tantangan Dan Peluang Masa Kini. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 79-87. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3231