Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas V Sekolah Dasar

The Implementation of Multimedia-Based Learning Media to Improve Student Learning Outcomes in Science and Social Studies Subjects in Fifth-Grade Elementary School

  • Jumraeni Jumrah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Hasnadi Nadi UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
  • Rahmatiah Tahir Rahmatiah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Keywords: Multimedia, Hasil belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas V melalui implementasi media pembelajaran berbasis multimedia di UPT SPF SD Negeri Kapota Yudha. Adapun jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dan sampel terdiri dari 27 peserta didik kelas V di UPT SPF SD Negeri Kapota Yudha. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran multimedia pada mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V UPT SPF SD Negeri Kapota Yudha. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik, dengan hasil tes Hasil Belajar IPAS Siklus I menunjukkan bahwa dari 27 peserta didik di Kelas V, hanya 9 atau 34 peserta didik yang memenuhi kategori penuh, kelas V berjumlah 21 peserta didik, yaitu 78% dari total kategori 27 peserta didik. Rata-rata persentase hasil belajar peserta didik pada Siklus I sebesar 37,8%, dan rata-rata persentase hasil belajar peserta didik pada Siklus II sebesar 73,1%. Oleh karena itu, memenuhi kriteria integritas minimal (KKM).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :
Ahmad Rivai & Nana Sudjana. (2013). Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pemebelajarannya). Bandung:
Sinar Baru Algensindo Ahmadi, lif Khoiru dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Jurnal :
Alamsyah, A., Yuliani, E., Ramadhan, N. K., Rosdiah, R., & Sudirman, S. (2023). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Canvaterhadap Minat Belajar Siswa Di Mata Pelajaran Informatika. Guru Pencerah Semesta, 1(2), 77-87.
Anjani. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri Pannara Kota Makassar. Jurnal Mercusuar. Vol 2 No.1
Arikunto, Suharsimi dkk, 2017.Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Arsa, Cepi Riana, dkk. 2007. Komputer dan Media Pembelajaran di SD. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Depdiknas.
Asori, I. 2019. Jejak Inovasi Pembelajaran IPS Mengembangkan Profesi Guru Pembelajaran. Yogyakarta: Leutikaprio
Dharmayanti, W., & Oktarika, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Guru IPA di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(1), 41-51.
Dewi, Putu Yulia Angga, dkk. 2021. Teori dan Aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Penerbit Zaini.
Fikri, Hasnul dan Ade sri Madona. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru (Anggota IKAPI)
Sofyan, H., Wagiran, Komariah, K., & Triwiyono, E. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013 (Edisi Pert). Yogyakarta: UNY Press. Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Makassar, U. M. (2023).
Pengaruh Penggunaan Media Torso Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa di Kelas V SD Inpres Batang Kaluku Kabupaten Gowa.1(3), 63–75.
Sulasatri, 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako, (Online), Vol 3 No. 1
Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Susanto, ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.Laillni
Published
2025-05-01
How to Cite
Jumrah, J., Nadi, H., & Rahmatiah, R. T. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 100-107. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3223