Analisis Pemahaman Guru Terhadap Teori Konstruktivisme Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar

Analysis of Teachers' Understanding of Constructivism Theory in the Merdeka Curriculum in Elementary Schools

  • Putri Tri Wijayanti Universitas Riau
  • Novelia Rhamadani Universitas Riau
  • Utari Oktadika Universitas Riau
  • Muhammad Jaya Adiputra Universitas Riau
  • Mutia Yulita Sari Universitas Riau
Keywords: Konstruktivisme, Kurikulum Merdeka

Abstract

Artikel ini menganalisis pemahaman guru terhadap teori konstruktivisme dalam penerapan Kurikulum Merdeka di SDN 183 Pekanbaru. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara terhadap satu kepala sekolah dan empat guru. Hasilnya menunjukkan bahwa pemahaman terhadap teori konstruktivisme bervariasi di antara guru. Sebagian besar memahami konsep dasar bahwa pengetahuan dibangun melalui pengalaman nyata, namun tingkat pemahaman dan penerapan masih berbeda. Beberapa guru mampu mengaplikasikan konstruktivisme melalui proyek dan kegiatan berbasis masalah, namun terdapat kendala dalam konsistensi penerapan karena keterbatasan waktu dan sumber daya. Teknologi juga dimanfaatkan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Meskipun ada tantangan, penerapan teori konstruktivisme dinilai memberikan manfaat bagi siswa dalam hal pengembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kemandirian belajar. Kesimpulannya, pemahaman dan kesiapan guru dalam menerapkan konstruktivisme berperan penting dalam keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka, tetapi masih membutuhkan dukungan lebih lanjut dalam bentuk pelatihan dan manajemen waktu.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriansyah, A., & Azhar, A. (2023). Analisis Model Pembelajaran Konstruktivistik Interaktif Dalam Kitab Hadis Arbain Karya Imam Nawawi. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 6(1), 108–117. https://doi.org/10.32923/kjmp.v6i1.3445

Cahyani, A., & Abdul Aziz, T. (2023). Studi Literatur : Kemandirian Belajar Siswa Dan Pembelajaran Kontruktivisme Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mansdiri, 09(Desember), 4122–4135.

Dian Permata, N., Suswandari, M., & Farida, N. (2024). Analisis Keterkitan Assesmen Guru Dengan Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Membangun Pemahaman Yang Berkelanjutan Di Sdn Kenep 03. Jurnal Dikdas Bantara, 7(1), 37–49. https://doi.org/10.32585/dikdasbantara.v7i1.5120

Hakiky, N., Nurjanah, S., & Fauziati, E. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Konstruktivisme. Tsaqofah, 3(2), 194–202. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v3i2.887

Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45-54.

Mytra, P., Kaharuddin, A., Fatimah, F., & Fitriani, F. (2023). Filsafat Pendidikan Matematika (Matematika Sebagai Alat Pikir Dan Bahasa Ilmu). AL JABAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 60-71.

Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.

Nuha, M. S., Hidayah, N., & Hotifah, Y. (2023). Peran Konselor Dalam Menyiapkan Peserta Didik Menghadapi Tantangan Kurikulum Merdeka Ditinjau Dari Paradigma Konstruktivisme. Prosiding Seminar Nasional OPPSI 2023, 2, 44–51. https://publishing.oppsi.or.id/index.php/SN/article/view/28

Prabawati, P. L. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Implementasi Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka pada Siswa SD Ditinjau dari Teori Konstruktivisme. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 432–438. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.864

Rahmawati, Y. (2024). IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PROSES PEMBELAJARAN IPA PADA KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI. 1–15.

Subarjo, M. D. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Analisis Penerapan Pendekatan Teori Belajar Konstruktivisme pada Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 313–318. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.834

Tishana, A., Alvendri, D., Pratama, A. J., Jalinus, N., & Abdullah, R. (2023). Filsafat Konstruktivisme dalam Mengembangkan Calon Pendidik pada Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah Kejuruan. Journal on Education, 5(2), 1855–1867. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.826

Published
2025-05-01
How to Cite
Wijayanti, P. T., Rhamadani, N., Oktadika, U., Jaya Adiputra, M., & Yulita Sari, M. (2025). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Teori Konstruktivisme Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 32-37. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3219