Implementasi Model Kooperatif Tipe TGT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 5 SD

Implementation of the Cooperative TGT Model in Improving Mathematics Learning Outcomes of Fifth-Grade Elementary Students

  • Aas Handayani PPG Unismuh Makassar
  • Andi Faadhilah Pawellangi PPG Unismuh Makassar
  • St. Nur Humairah Halim Pendidikan Matematika Unismuh Makassar
Keywords: Model Kooperatif, TGT, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas 5 SD Inpres Mariso 3. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah satu kelas dengan 25 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar, observasi, dan angket peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar peserta didik setelah penerapan model TGT. Rata-rata skor tes peserta didik meningkat secara bertahap dari siklus pertama ke siklus ketiga. Selain itu, peserta didik menunjukkan keterlibatan dan partisipasi yang lebih aktif selama proses pembelajaran. Angket peserta didika mengungkapkan bahwa mayoritas peserta didik merasa lebih termotivasi dan lebih tertarik belajar matematika dengan menggunakan model TGT. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik dalam mata pelajaran matematika. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model TGT secara lebih luas di sekolah dasar untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Capinding, A. T. (2021). Effect of Teams-Games Tournament (TGT) Strategy on Mathematics Achievement and Class Motivation of Grade 8 Students. International Journal of Game-Based Learning, 11(3), 56-68. Retrieved from ERIC Database.

Claudia, a. (2024). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournamen (tgt) berbantu media audio visual dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik kelas xi pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di ma plus walisongo lampung utara (doctoral dissertation, uin raden intan lampung).

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hastuti, P. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didika pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Pengaruh Perubahan Cuaca terhadap Kehidupan Manusia Menggunakan Metode The Learning Cell di Kelas III A SDN Bulu Lor Semarang. Jurnal Inovasi Pembelajaran di Sekolah, 2(2), 255-264.

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Smith, K. A. Cooperative Learning: Improving University Instruction by Basing Practice on Validated Theory.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Ragam Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Mulyasa, E. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mytra, P., Arsyad, M., & Heriyanti, A. (2020). KEPRAKTISAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO. JTMT: Journal Tadris Matematika, 1(2), 9-11.

Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45-54.

Stephen Kemmis, S. K., & Robin McTaggart, R. M. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Springer.

Rusman. (2017). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary educational psychology, 61, 101860.

Slavin, R. E. (2012). Educational psychology: Theory and practice.

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model pembelajaran terpadu dalam teori dan praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka.

Vaughan, W. (2014). Effects of Cooperative Learning on Achievement and Attitude among Students of Color. The Journal of Educational Research, 95(6), 359–364.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (Vol. 86). Harvard university press.

Wena, M. (2011). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Grasindo.

Published
2025-05-01
How to Cite
Handayani, A., Pawellangi, A. F., & Halim, S. N. H. (2025). Implementasi Model Kooperatif Tipe TGT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 16-21. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3217