Peran Guru dalam Mengintegarsi Teknlogi pada Kurikulum Merdeka

The Role of Teachers in Integrating Technology in the Independent Curriculum

  • Reni Universitas Riau
  • Nopita Sari Sulispala Universitas Riau
  • Mifta Hul Jannah Universitas Riau
  • M. Jaya Adi Putra Universitas Riau
  • Mutia Yulita Sari Universitas Riau
Keywords: Peran Guru, Integrasi Teknologi, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini mengkaji peran guru dalam mengintegrasikan teknologi pada Kurikulum Merdeka di
sekolah dasar, yang dirancang untuk meningkatkan fleksibilitas, kreativitas, dan relevansi
pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap
lima guru di SDN 007 Simandolak. Tujuannya adalah untuk memahami sejauh mana pemahaman
guru terhadap integrasi teknologi dalam pembelajaran, tantangan yang mereka hadapi selama proses
pengajaran, serta dampak teknologi terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru memiliki kesadaran tinggi tentang pentingnya teknologi dalam
menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan dinamis. Meskipun demikian, mereka
menghadapi hambatan seperti keterbatasan akses terhadap perangkat digital, koneksi internet yang
tidak stabil, dan kurangnya pelatihan teknologi yang memadai, terutama bagi guru senior. penelitian
ini menegaskan bahwa integrasi teknologi dalam pendidikan memiliki potensi besar untuk
meningkatkan efektivitas pembelajaran, tetapi keberhasilannya sangat bergantung pada dukungan
infrastruktur dan peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan berkelanjutan. Oleh karena itu,
perbaikan sarana teknologi di sekolah serta program pelatihan yang sistematis menjadi langkah yang
sangat penting. Dengan upaya tersebut, diharapkan teknologi dapat diintegrasikan secara optimal dan
konsisten dalam pembelajaran, sejalan dengan tujuan utama Kurikulum Merdeka, yaitu menciptakan
pengalaman belajar yang lebih relevan dan menyenangkan bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badrus Sholeh, M., Kamsan, N., & Aliyah, H. (2023). Persepsi Guru terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah. Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman, 11(2), 273–287. https://doi.org/10.52431/tafaqquh.v11i2.2245

Candra Dewi, A., Arfah Maulana, A., Nururrahmah, A., Muh Farid Naufal, A., Fadhil, M. S., Studi Teknik Komputer, P., Teknik Informatika dan Komputer, J., Teknik, F., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., & Selatan, S. (2023). Peran Kemajuan Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Journal on Education, 06(01), 9725–9734.

Dewi Rahmadayani, A. H. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368

Fajri, S., Ulaini, N., & Susantri, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah. Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 6(2), 387–397. https://doi.org/10.31539/kaganga.v6i2.7164

Gazali, M., & Pransisca, M. A. (2020). Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0. Jurnal Ilmiah Global Education, 2(1), 87–95. https://doi.org/10.55681/jige.v2i1.76

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Jannah, F., Irtifa, T., & Zahra, P. F. A. (2022). Pengertian Kurikulum Merdeka Latar Belakang. Al Yazidiy: Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Pendidikan, 4(2), 55–65.

Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714

Lestari, P. D. J. P., Bahrozi, I., & Yuliana, I. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(3), 153–160. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n3.p153-160

Mustofa, M., & Mariati, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.47679/ib.2023371

Mytra, P., Asrafiani, A., Budi, A., Hardiana, H., & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45-54.

Nurcahyono, N. A. (2023). Strategi Pengembangan Kompetensi Calon Guru SD terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka. Journal of Contemporary Issue in Elementary Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.33830/jciee.v1i1.5308

Nuridayanti, Muryaningsih, S., Badriyah, Markiano Solissa, E., & Mere, K. (2023). Peran Teknologi Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Journal On Teacher Education, 5(1), 88–93.

Nuzli, M. (2021). Pemanfaatan Fasilitas Pembelajaran. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 58–69. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v4i2.1921

Pokhrel, S. (2024). No TitleΕΛΕΝΗ. Αγαη, 15(1), 37–48.

Prasanti, N., Sofiyanurriyanti, S., Hidjrawan, Y., Marlinda, M., Hartati, R., Kasmawati, K., Irmayani, I., Basuki, M., & Akmal, A. K. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar. ADMA : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 393–400. https://doi.org/10.30812/adma.v3i2.2671

Priyadi, M. S., Rachmatia, M., Al Hadi, I. A., & Suhariyanti, M. (2024). Kendala Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Griya Cendikia, 9(1), 114–121. https://doi.org/10.47637/griyacendikia.v9i1.1094

Rahmawati, S., & Astuti, D. (2024). PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA tuntutan zaman , memungkinkan setiap individu untuk mengembangkan potensi secara optimal , ketinggalan zaman sehingga berdampak pada kualitasnya . Agar pendidikan menjadi pembelajaran yang dijadikan sebagai acuan dalam aktivitas belajar mengajar ( Dewi , 2021 ). yaitu Nadiem Makarim pada 2019 , hal ini dilatar belakangi dari penelitian Programme for International Student Assessment ( PISA ) yang dilaksanakan pada tahun 2019 dengan hasil Programme for International Student Assessment ( PISA ) yang menunjukkan bahwa 70 % siswa berusia 15 tahun berada di bawah kompetensi minimum dalam memahami bacaan sederhana pandemi Covid-19 . Selain dari kedua faktor tersebut lahirnya Kurikulum Merdeka karena semakin kompleks ( Rani et al ., 2023 ) sekolah , setiap pembelajaran harapannya membentuk karakter peserta didik yang lebih. 5(3), 3026–3038.

Rumasukun, N. A., Faizin, M., & Apia, G. (2024). Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(1), 13–22. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i1.5220

Silvester, S., Purnasari, P. D., Aurelly, B. T., & Gunawan, R. (2022). Analisis Kemampuan Guru Penggerak Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan Dalam Perspektif Literasi Teknologi Digital. Sebatik, 26(2), 412–419. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i2.1978

Surayya, R. (2018). Pendekatan Kualitatif (Seminar). AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 1(2), 75.

Teknologi, B., Dan, I., & Tik, K. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 225–234. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12978

Wahyu Muh. Syata et al, P. (2024). 2809-Article Analisis Kompetensi Pedagogik Guru. 9(1), 63–68.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163. https://doi.org/10.24042/terampil.v9i2.13974

Published
2025-05-01
How to Cite
Reni, Sari Sulispala, N., Hul Jannah, M., Putra, M. J. A., & Sari, M. Y. (2025). Peran Guru dalam Mengintegarsi Teknlogi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 10(1), 22-31. https://doi.org/10.47435/jpdk.v10i1.3210